oleh

KH Ahmad Hanafiah Pantas Dianugerahi Gelar Pahlawan

BANDAR LAMPUNG – UIN Raden Intan Lampung (RIL), menggelar seminar nasional yang bertajuk perjuangan KH Ahmad Hanafiah mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Lampung, Rabu (27/07/2022).

Hal ini sekaligus sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama antara UIN RIL dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, untuk mengusulkan gelar pahlawan ke KH Ahmad Hanafiah.

Bupati Lampung Timur, M Dawan Rahardjo, mengatakan, KH Ahmad Hanafiah pantas dianugerahi gelar pahlawan nasional.

“Beliau ini juga terbukti berperan sebagai tokoh intelektual islam yang aktif dan berpengaruh dalam upaya mengangkat martabat bangsa melalui dunia pendidikan dan dakwah islam,” jelas Dawan.

Sementara, Rektor UIN Raden Intan, Prof Wan Jamaluddin, menjelaskan bahwa, KH Ahmad Hanafiah adalah seorang tokoh pejuang nasional yang terdidik.

Baca Juga :  Uji KIR Super Cepat, DPRD Bandar Lampung Segera Sidak UPT PKB Dishub

“Ada beberapa sumber-sumber utama kajian yang pernah kami lakukan, antara lain adalah buku-buku literatur arab dan jawi yang terdapat dalam koleksi perpustakaan pribadi KH. Ahmad Hanafiah di Sukadana, Lampung Timur,” ungkapnya.

Selain itu terdapat pula karya yang dihasilkan langsung oleh KH Ahmad Hanafiah yang ditemukan berupa dua kitab yaitu kitab Al Hujjah dan Tafsir Ad-Dohri.

“Ini adalah karya orisinil yang ditulis dan dihasilkan langsung oleh KH Ahmad Hanafiah,” tambah Rektor.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, berharap agar pengusulan gelar pahlawan nasional ini bisa terwujud.(RED/NCA)

Tulis Komentar