oleh

Kurang Dari 5 Tahun, Penduduk Mesuji Berkurang 80 Ribu Jiwa

-POLITIK-151 Dilihat

MESUJI – Jumlah penduduk di Kabupaten Mesuji, dikabarkan mengalami penurunan yang sangat drastis. Akibatnya, mempengaruhi kuota kursi DPRD.

Meski tidak terjadi hal yang luar biasa di kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram ini, namun kursi DPRD Mesuji dipastikan berkurang.

Dari jumlah kursi wakil rakyat yang ada saat ini yaitu 35 kursi, dan pada tahun 2024 mendatang hanya 30 kursi.

“Pengurangan ini terjadi karena berkurangnya jumlah penduduk kabupaten Mesuji yang signifikan,” terang Ketua KPU Mesuji Ali Yasir, Kamis (28/07/2022).

Data tersebut menurut Ali, berdasarkan yang Dinas Catatan Sipil Kabupaten Mesuji.

“Kalau kami sifatnya hanya penguna data dari Disdukcapil. Pengurangan jumlah penduduk ini angat signifikan dan berdampak,” jelasnya.

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Diketahui, berdasarkan data KPU Mesuji, mata pilih kabupaten ini pada pemilu 2019 lalu tercacat 315 ribu lebih.

Lalu, pada tahun 2022 jumlah penduduk Mesuji berdasarkan data Disdukcapil, menjadi 213 ribu jiwa atau berkurang 80 ribu jiwa dalam waktu kurang dari lima tahun.

Dilain pihak, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Mesuji angkat bicara terkait raibnya 80 ribu lebih penduduk.

Menurut Kepala Dinas Catatan sipil Kabupaten Mesuji, Mursalin, pengurangan jumlah penduduk karena beberapa faktor, seperti data ganda dan pendataan anomali (menyimpang).

“Dan data yang ada saat ini kita merujuk pada pemilik KTP elektronik. Penduduk Mesuji berdasarkan data konsolidasi bersih tahun 2021 semester dua sebanyak 231.656 jiwa,” jelas Mursalin, Jumat (29/07/2022).

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Namun begitu, Mursalin enggan menerangkan terkait tingginya jumlah administrasi Kependudukan (adminduk) Mesuji yang tinggi hingga mencapai 80 ribu jiwa.(RED/RD)

Tulis Komentar