oleh

Wow, Uji KIR di UPT PKB Dishub Tak Sampai 5 Menit

BANDAR LAMPUNG – Proses pengujian KIR pada kendaraan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, diduga tidak dijalankan sebagaimana prosedur yang ada.

Hal ini dilihat dari proses pengecekan komponen kendaraan, dimana para petugas uji KIR tidak melakukan pengecekan secara benar.

Dari pantauan Haluanlampung, kendaraan yang masuk dalam ruangan pengecekan hanya sekedar difoto saja.

Bahkan beberapa petugas hanya mengambil foto kendaraan tampak depan, samping kiri, dan tampak belakang.

Alat-alat yang tersedia juga tidak digunakan, bahkan tidak menyala saat pengecekan komponen kendaraan berlangsung.

Saat diwawancara terkait proses pengecekan komponen kendaraan, Kepala UPT PKB Dishub Kota Bandar Lampung, Andy Koenang, justru mengarahkan untuk melihat dari media sosial (medsos) milik mereka.

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Menurutnya, disitu sudah diterangkan apa saja komponen yang diperiksa dan bagaimana prosedurnya.

“Saya ada medsos, buka disitu, disitu ada semua, jadi gak perlu tanya saya,” kata dia, Selasa (2/8/2022).

Namun saat melihat proses pengecekan kendaraan pada chanel YouTube UPT PKB Dishub Kota BALAM, proses pengecekan tersebut sangat berbeda dengan apa yang terlihat di lapangan.

Proses pengecekan hanya dilakukan pengambilan foto kendaraan saja, yang bahkan tidak memakan waktu 5 menit.

Untuk diketahui, proses pengecekan komponen pada kenderaan dilakukan pada beberapa item, diantaranya; pengecekan rem, ban, lampu dan komponen lainnya.

Setelah difoto, kendaraan lalu keluar meninggalkan ruangan pengecekan. Para sopir kendaraan diberi kartu dan selembar kertas bukti telah melakukan KIR pada kendaraan mereka.(RED/ALB)

Tulis Komentar

Baca Juga