oleh

Kawanan Gajah Liar Satroni Kantor Camat Suoh

LAMPUNG BARAT – Koloni gajah liar masih terus menghantui masyarakat di wilayah Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat. Terakhir dikabarkan, 18 kawanan hewan berbadan besar itu sempat menyatroni kantor kecamatan setempat.

Satuan Tugas (Satgas) penanganan Konflik Gajah Suoh, Sugeng Hari Kinaryo Adi, mengatakan gajah liar itu pernah berada dalam radius 700 meter dari kantor camat terkait, Kamis (4/8/2022).

“Artinya dengan jarak tersebut, kawanan gajah liar telah memasuki areal pemukiman warga,” ujar Sugeng.

Atas peristiwa tersebut jelas anggota DPRD Lambar ini, pihaknya langsung melakukan penghalauan dan blokade melibatkan aparat terkait dan masyarakat sekitar.

Kendati demikian, hasil penghalauan tidak sesuai rencana. Pasalnya, tujuh dari 18 ekor gajah liar justru berpencar dari kawanan dan mendekati areal pemukiman warga lain.

Baca Juga :  Lambar Terima Penghargaan KLA Madya dan Duta Anak 2022

“Penggiringan kami hentikan sementara, namun upaya blockade agar gajah-gajah itu menjauh terus dilakukan,” ucapnya.

“Bahkan warga kami minta selalu siaga, untuk berjaga dimalam hari dengan cara menyalakan api dari ban bekas, karena hewan itu terbilang takut dengan api,” imbuhnya.

Mengingat keberadaan gajah liar masih disekitaran pemukiman dan areal pertanian, politisi PDI Perjuangan ini menghimbau agar berhati-hati dan melakukan proteksi mandiri

serta menunda sementara melakukan aktifitas pertanian di lahan garapan.

“Kami harap untuk sementara waktu, tunda aktifitas di sekitar lokasi kawanan gajah terpantau dan terus melakukan upaya pencegahan dengan membakar ban bekas pada malam hari,” harapnya.

Diungkapkan Sugeng, beberapa waktu lalu sekelompok gajah dimaksud telah menjauh usai dilakukan penghalauan, hingga terdeteksi telah memasuki Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Lampung Barat Bakal Ada Sekolah Ikan

“Tapi apa dikata, dua hari terakhir gerombolan gajah liar itu kembali lagi,” tandasnya.(RED/ERN/PAI)

Tulis Komentar