4 Desa Hasil Pemekaran di Kabupaten Pesawaran Diresmikan

Peresmian Desa Pujodadi Kecamatan Negeri Katon, Desa Grujugan Baru Kecamatan Negeri Katon, Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin dan Desa Kalirejo Kecamatan Way Ratai, hasil pemekaran di Pesawaran/Istimewa

GEDONGTATAAN – Empat desa hasil pemekaran di Kabupaten Pesawaran, akhirnya diresmikan Bupati Dendi Ramadhona, pada Rabu (19/10/2022), di Desa Dantar, Kecamatan Padang Cermin.

Peresmian ini sekaligus melantik pejabat Desa Pujodadi Kecamatan Negeri Katon, Desa Grujugan Baru Kecamatan Negeri Katon, Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin dan Desa Kalirejo Kecamatan Way Ratai.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada segenap kepala desa, BPD dan seluruh elemen masyarakat baik tokoh adat, tokoh agama, pemuda yang telah bekerja keras demi terbentuk dan diresmikannya empat desa.

Kata Dendi, dalam prosesnya banyak rintangan dan hambatan yang harus dihadapi, namun dengan semangat dan kebersamaan hal tersebut dapat dilewati, dimana pada tanggal 18 Agustus 2022 Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung melakukan verifikasi berkas di Kementerian Dalam Negeri, dan pada tanggal 26 September 2022 Kode Desa diserahkan secara resmi.

Baca Juga  Ratusan Warga Desa Kedondong Geruduk Rumah Kepala Desa, Pak Kades Serahkan Ini

“Terbentuknya empat desa diawali dari keinginan para tokoh masyarakat dan tentunya dilaksanakan dengan mempertimbangkan jumlah penduduk, rentang kendali pelayanan agar lebih efektif dalam menjalankan roda pemerintahan, baik ditingkat kecamatan maupun desa,” jelas Dendi.

Selain itu, jumlah penduduk yang banyak dan rentang kendali yang luas dinilai kurang mendukung dalam penyerapan aspirasi masyarakat guna peningkatan potensipotensi, percepatan/pemerataan pembangunan serta penanganan permasalahan yang ada.

“Terbentuknya empat desa ini juga merupakan upaya menciptakan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien serta berdaya guna demi mewujudkan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, dengan telah diresmikannya desa persiapan menjadi desa definitif, pihaknya berharap dapat mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, mempercepat pelayanan publik, meningkatkan tata Kelola pemerintahan desa dan meningkatkan daya saing dalam kondisi global.

Baca Juga  Ratusan Personel Polres Lamtim Dites Urine

Ia juga mengatakan, tolak ukur keberhasilan pembangunan menekankan pada perkuatan desa disegala sektor.

Rangkaian lokomotif pembangunan suatu negara, meletakkan desa sebagai mesin lokomotif yang menjadi ukuran kecepatan kemajuan suatu bangsa (desa kuat maka Kecamatan kuat/Kecamatan kuat Kabupaten kuat/Kabupaten kuat Provinsi kuat/dan Provinsi kuat Negara Kuat).

“Dengan semangat ini saya juga menghimbau kepada para camat beserta jajarannya untuk dapat bekerja dengan baik, bekerjasama dengan para kepala desa dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya, Bupati juga mengucapkan selamat kepada para penjabat kepala desa yang telah dilantik pada hari ini.

Ia pun menghimbau para penjabat kepala desa untuk segera melaksanakan tugas dengan berpedoman pada Peraturan perundang-undangan tentang desa.

“Saudara-saudara juga saya harapkan untuk segera melakukan konsolidasi dan penataan aparatur desa, membentuk kelembagaan yang ada di desa serta meningkatkan koordinasi dengan camat dan dinas terkait untuk percepatan pembangunan,” ujarnya.(MDS/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan