Home / Politik

Selasa, 24 Januari 2023 - 23:05 WIB

Anggota PPS Pesawaran Diminta Paham Tugas dan Tanggung Jawab

Bupati Dendi, dalam pelantikan anggota PPS se-Kabupaten Pesawaran untuk Pemilu 2024/Dok.Pemkab

Bupati Dendi, dalam pelantikan anggota PPS se-Kabupaten Pesawaran untuk Pemilu 2024/Dok.Pemkab

GEDONGTATAAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyebut, kehadiran anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) ikut menjamin kelancaran pelaksanaan pemilu.

Selain itu, sambung Dendi, keberhasilan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Pesawaran tidaklah cukup dengan terpilihnya wakil Rakyat yang baru, namun kualitas pelaksanaan pemilu juga sangat memberikan arti bagi kesuksesan penyelenggaraan pemilihan langsung para wakil rakyat.

‚ÄúTugas dan tanggung jawab yang diemban setiap anggota PPS tentunya tidaklah ringan. Melalui PPS, kita semua berharap pemilu di Kabupaten Pesawaran ini dapat benar-benar terwujud dengan demokrasi, yang berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yang berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas,” ucap dia, dalam pelantikan anggota PPS se-Kabupaten Pesawaran untuk Pemilu 2024, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga  Mardani Umar : Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Gaya Dan Suara Soekarno Telah Dibuka

Dendi juga menghimbau, agar anggota PPS harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, memahami kode etik sebagai penyelenggara, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan.

“Hindari hal seperti itu, karena dapat mengakibatkan rusaknya citra penyelenggara yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil pemilu dan merupakan pelaksanaan dari akar demokrasi lokal,” jelas dia.

Menurutnya, faktor kunci kesuksesan pemilu yaitu yang pertama adalah integritas, karena tidak dapat dibeli dan menjadi hal yang mutlak. Lalu, netralitas, agar jangan ada penyelenggara yang berpihak kepada salah satu calon, selalu bersikap adil kepada semua peserta pemilu.

Baca Juga  Wakil Ketua I DPRD Elly Wahyuni Dampingi Dwita Ria Gunadi Anggota DPR RI

“Lalu, sebagai penyelenggara harus banyak memahami regulasi dan jika ada persoalan agar segera dikoordinasikan, juga pandai membangun pola interaksi komunikasi, dan terakhir adalah transparansi, agar selalu terbuka terhadap semua kegiatan tahapan yang berjalan tetapi kita harus menjaga jarak mana yang patut dan tidak patut,” ujar dia.(MDS)

 

Share :

Baca Juga

Politik

PKS Resmi Usung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024

Politik

Jokowi Senang Megawati Tidak Terburu-buru

Politik

Potong Hak Bicara, Sikap Pimpinan DPR RI Sufmi Dasco Disebut Tidak Demokratis

Politik

DKPP Kukuhkan 204 TPD Periode 2022-2023

Politik

Kostiana Sosialisasikan Ideologi Pancasila

Politik

Masuk 3 Partai Besar, Wansori : Demokrat Bakal Menjadi Nomor 1 di Lampung Utara

Politik

Bawaslu Way Kanan Libatkan Organisasi Pers dalam Pengawasan Tahapan Pemilu

Politik

Umi Laila Resmi Pimpin DPC Gerindra Pringsewu