Antoni Irawan Pimpin APKARI Provinsi Lampung: Pemadam Kebakaran Berdaya

Antoni Irawan Pimpin APKARI Provinsi Lampung: Pemadam Kebakaran Berdaya
Antoni Irawan Pimpin APKARI Provinsi Lampung: Pemadam Kebakaran Berdaya. Foto Albet

Bandarlampung – Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana hadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah (Musda) Ke-I Asosiasi Pemadam Kebakaran Indonesia (APKARI) Provinsi Lampung di Ballroom Swiss-Belhotel, Selasa (20/2/2024).

Dalam sambutannya, Eva Dwiana menyambut baik serta mengucapkan selamat atas diselenggarakannya Musda ke-1 APKARI Provinsi Lampung itu.

Bacaan Lainnya

“Damkar saat ini mendapatkan perhatian besar dari Pemerintah Pusat, mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh pemadam kebakaran menjadi bagian wujud kepedulian kita dan merupakan bagian dari ibadah kita satu sama lain,” ucapnya.

Eva Dwiana juga menyampaikan, dengan adanya wadah tersendiri di Kemendagri sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2020, Pemadam Kebakaran tidak lagi berinduk kepada Pol PP atau BPBD.

Baca Juga  BPK Temui Kejanggalan Anggaran PDAM Way Rilau 

“Tugas pokok Damkar adalah melaksanakan urusan pemerintahan pada daerah wilayah kerjanya untuk pencegahan, tanggap darurat, penanggulangan dan penyelamatan bencana kebakaran,” terangnya.

Selain itu, Damkar juga membantu masalah yang dihadapi oleh masyarakat, seperti penyelamatan mahluk hidup dan benda seperti penyelamatan warga yang tenggelam, menolong korban kebanjiran dan bantuan menyelamatkan hewan.

Eva berharap, melalui Musda APKARI Provinsi Lampung dapat merumuskan dan menyusun Program Kerja yang konkrit, sehingga dapat diimplementasikan dalam dinamika masyarakat yang berkembang di wilayah Provinsi Lampung dan khususnya Kota Bandar Lampung.

“Saya percaya, personil yang tergabung dalam wadah APKARI berjiwa Profesionalisme, wawasan pengetahuan terasa dan pengalaman praktis yang dapat menjadi potensi membantu kebijakan Program Pemadam Kebakaran di Kota Bandar Lampung guna terwujudnya perlindungan masyarakat melalui pencegahan dan penanggulangan yabg antisipatif dan responsif,” pungkasnya.

Baca Juga  Pemkot Bandar Lampung Bakal Kembali Gelar Pasar Murah, Tekan Harga Pangan Jelang Nataru

Kepala Informasi dan Komunikasi APKARI Nana Sukma Sukarna mengatakan salah satu tujuan APKARI ini mengambil inspirasi dari Damkar se-Lampung.

“Kita ketahui tidak semua Damkar seperti di Bandar Lampung, mungkin di kompeten lain Damkar kurang diperhatikan. Maka itu untuk menyatukan sebuah konsep penyelenggaraan,” katanya.

Ia berharap, dengan terbentuknya struktur APKARI di Provinsi Lampung dapat memberikan dampak yang baik untuk menjadi penunjang tugas-tugas Pemadam Kebakaran.

“Melalui asosiasi ini kita akan memberikan suatu solusi bagaimana semua kabupaten/kota dapat melaksanakan penyelenggaraan yang sama,” harapnya.

Diketahui, Kota Bandar Lampung terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musda APKARI Provinsi Lampung ke-1 dan juga terpilih Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APKARI Provinsi Lampung, Anthoni Irawan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung.(Alb)

Pos terkait