Ayah Bunda, Selalu Cek Produksi Volume Urine Anak

Dewan Pakar IDI Lampung, Dokter Boy Zaghlul Zaini/Net

BANDAR LAMPUNG – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengimbau orang tua rutin mengecek produksi volume urine anak sebagai identifikasi awal terserang gagal ginjal akut.

Menurut Dewan Pakar IDI Lampung, Dokter Boy Zaghlul Zaini, penyakit gagal ginjal akut dapat dilihat dari hasil produksi urine pada anak berusia 0 hingga 18 tahun.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Lampung Dua Kasus Gagal Ginjal Akut, Satu Anak Meninggal Dunia

Dokter Boy mengimbau kepada para orang tua yang anaknya sedang sakit dan mengonsumsi obat harus sering-sering mengecek apakah anak mengeluarkan urine yang sesuai atau tidak dengan konsumsi air putih.

“Terutama untuk anak di bawah usia 0-18 tahun agar sering mengecek anaknya yang sedang sakit, apakah mengeluarkan urine yang sesuai atau tidak, ” kata Dokter Boy, Senin (24/10/2022).

Dokter Boy juga mengingatkan pentingnya pola hidup sehat terutama kesehatan anak-anak. Dimana, saat ini saat ini banyak kasus batuk pilek yang menyerang anak-anak karena faktor cuaca. Beberapa diantaranya harus mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga  Gedung SDN 01 dan Poskesdes Tak Terawat, Komisi IV DPRD Pringsewu Tekankan Soal ini

“Kami dari IDI Lampung mengingatkan kepada seluruh warga Bandar Lampung agar menerapkan pola hidup sehat terutama khususnya anak-anak,” ujarnya.

Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak panik apabila anaknya sakit, karena mereka bisa mengonsumsi Paracetamol dalam bentuk tablet dengan takaran yang sesuai resep dokter.(*/IWA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan