Danrem 043 Gatam Siap Sukseskan Pemilu 2024

Danrem 043 Gatam Siap Sukseskan Pemilu 2024
Danrem 043 Gatam Siap Sukseskan Pemilu 2024. Foto Istimewa

Bandarlampung – Gedung Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung menjadi saksi jalannya Dialog Kebangsaan yang dihadiri oleh Komandan Korem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, pada Kamis (7/12/2023). 

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Milad ICMI ke-33 tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam dialog tersebut berbagai tokoh penting, termasuk Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Wakpolda Lampung Brigjen Pol Umar Effendi, Ketua PWNU Lampung Puji Raharjo.

Ketua PW Muhammadiyah Lampung H Sudarman, Dewan pakar ICMI, Ketua ICMI Orwil Lampung, serta pimpinan organisasi dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Provinsi Lampung Menggelar IPWK di SMK 1 Lamteng

Ketua ICMI Orwil Lampung, M Yusuf S. Barusman, menyampaikan dalam sambutannya bahwa peringatan Milad ICMI tahun ini diwarnai dengan dialog sebagai bentuk keterlibatan ICMI dalam mengawal Pemilihan Umum 2024 dengan politik praktis. 

Ia juga mengingatkan bahwa ICMI tidak hanya mengadakan acara, tetapi memberikan ruang untuk berdialog demi memperkuat semangat kebangsaan.

Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, Komandan Korem 043/Gatam, menegaskan komitmen dan konsistensi prajurit Korem 043/Gatam dalam menjaga netralitas menjelang Pemilihan Umum 2024. 

Dalam penjelasannya, Danrem menekankan bahwa hal ini merupakan amanat dan instruksi langsung dari Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), dan Pangdam II/Sriwijaya.

Baca Juga  Menghitung Biaya Manusia Pemilu 2024, 58 Nyawa Petugas Melayang

“Netralitas TNI menjelang pemilu sangat penting untuk menghindari pandangan negatif dari masyarakat. TNI tidak boleh terlibat di salah satu kubu politik. Sebagai aparat teritorial, Korem 043/Gatam dan jajaran siap membantu pengamanan dan sukseskan Pemilu 2024,” tegas Danrem.

Dengan semangat peringatan Milad ICMI yang berfokus pada dialog kebangsaan, acara tersebut memberikan gambaran bahwa lembaga ini tidak hanya merayakan usianya, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga netralitas dan mendukung kelancaran Pemilu 2024 demi tegaknya demokrasi di Indonesia.(*)

Pos terkait