Dendi Siapkan 2 Lokasi Rumah Sehat Baznas

Dendi Siapkan 2 Lokasi Rumah Sehat Baznas
Dendi Siapkan 2 Lokasi Rumah Sehat Baznas. Foto Istimewa

Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Wildan menerima kunjungan kerja Tim Teknis Baznas RI dalam rangka pemberian bantuan Rumah Sehat Baznas (RSB) di ruang kerja Bupati Pesawaran, Kamis (2/5/24). 

Pemkab Pesawaran sendiri telah menyiapkan lokasi untuk mendukung program Rumah Sehat Baznas (RSB) di Bumi Andan Jejama. 

Bacaan Lainnya

Terdapat dua lokasi yang telah disiapkan, pertama di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedong Tataan dan kedua di Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin.

Bupati yang juga selaku Ketua Dewan Pembina Baznas Pesawaran menilai dua lokasi itu sangat cocok untuk dibangunkan RSB. 

“Lokasinya strategis dan dapat mencakup banyak wilayah di  kecamatan tersebut, namun semua kembali kepada hasil survey dari tim Baznas RI,” katanya. 

Baca Juga  Bupati Dendi Ikut Berduka, Upayakan Pemulangan Dua Jenazah Korban Mbah Slamet ke Pesawaran

Ia menjelaskan Rumah Sehat Baznas (RSB) merupakan program yang dimiliki oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu (mustahik) dengan sistem kepesertaan.

“Program ini diberikan secara gratis sebagai upaya untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan,” imbuhnya. 

Sementara, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI yang diwakili oleh Direktur Pendistribusian Baznas RI Ahmad Fikri mengatakan pihaknya telah meninjau semua lokasi dimaksud. 

Bersama Plt. Kepala Divisi Kesehatan Baznas RI Siti Masruroh, dirinya menjelaskan tujuan dari survei ini adalah untuk memastikan kelayakan lokasi tersebut sebagai RSB.

Dua lokasi yang dikunjungi adalah SDN 44 Gedong Tataan yang terletak di Dusun Sukabanjar I, Desa Sukabanjar, Kecamatan Gedong Tataan dan bekas Rumah Sakit Mini yang terletak di Dusun Kecapi, Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga  Pemdes Way Kepayang Buka Akses Jalan Penghubung Antar Desa

Satu dari dua lokasi tersebut lanjut Ahmad Fikri, akan dipilih yang kemudian hasil survei ini sebagai bahan dan dasar laporan Tim Survei ke Rapat Pleno Pimpinan Baznas RI. 

Tim survei melakukan pemeriksaan terhadap berbagai aspek, seperti kondisi bangunan, lingkungan sekitar, fasilitas pendukung, dan aksesibilitas lokasi.

Ia sangat mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap Baznas. 

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas support yang diberikan pemkab terlebih perhatian dari Bupati Pesawaran. Baznas Pesawaran besar karena dukungan beliau,” sambungnya. 

Rumah Sehat Baznas (RSB) adalah wujud keberpihakan kepada masyarakat fakir miskin. 

“Semoga pembangunan RSB di Kabupaten Pesawaran dapat menjadi titik penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, khususnya fakir miskin, serta menjadi langkah strategis dalam memperkuat infrastruktur kesehatan di Kabupaten Pesawaran,” tutupnya.(*)

Pos terkait