Desa Hanura jadi Lokus Penyusunan Finalisasi Grand Design Prodeskel

GEDONGTATAAN – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melakukan kunjungan kerja dalam rangka penyusunan finalisasi grand design prodeskel di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran

Sekretaris DPMD Pesawaran, Nur Asikin, menjelaskan aplikasi prodeskel sendiri telah ada sejak lama sesuai dengan permendagrinya nomor 12 tahun 2007, maka dari itu sudah saatnya perlu dilakukan updating dan pembaharuan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Sambut Lepas Kapolres Pesawaran Diwarnai Sukacita

“Sudah selayaknya memang prodeskel ini diperbaharui karena aplikasinya memang sudah ada telah lama. Dan desa di Pesawaran sendiri kami wajibkan untuk semua desa menganggarkan anggaran prodeskel, jika tidak maka usulan anggaran mereka kami kembalikan,” jelas dia, Sabtu (15/10/2022).

Sementara, kepala Desa Hanura, Rio Remota, mengaku bangga karena lagi-lagi Desa Hanura dipercaya menjadi lokus dari kegiatan ini.

Rio mengharapkan lewat kegiatan ini, aplikasi prodeskel dapat lebih baik lagi.

“Saya berharap warga yang di wawancarai nantinya bisa mengeluarkan masukan ataupun bisa juga menyampaikan keluhannya terkait data desa di prodeskel sendiri. Agar nanti aplikasi yang diperbaharui bisa lebih cepat dan akurat dalam hal penginputan data dan update data prodeskel,” kata dia.

Baca Juga  Prevalensi Stunting Pesawaran Turun di Angka 10 Persen

Diketahui, tim yang melakukan kajian dari Ditjen Bina Pemdes terdiri dari 6 orang.

Mereka terdiri dari ketua tim, wakil Ketua tim, tenaga ahli 2 orang, dan anggota 2 orang. Kegiatan dilakukan dengan mewawancarai supra desa, aparat desa, perwakilan tokoh masyarakat, BPD, IKD, PKK dan Bumdes.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan