Disdikbud Lambar Gelar Pesagi Cultur Festival 2023

Disdikbud Lambar Gelar Pesagi Cultur Festival 2023
Disdikbud Lambar Gelar Pesagi Cultur Festival 2023. Foto Istimewa

Liwa – Puluhan grup nyambai di Kabupaten Lambar bertarung pada Pesagi Cultur Festival tahun 2023 bertajuk The Spirit Of Nyambai di gedung Pancasila Kecamatan Balik Bukit, Minggu (5/11).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar menggelar kegiatan itu bekerja sama dengan Dewan Pengawas Kesenian setempat,

Bacaan Lainnya

Kepala Disdikbud Lambar, Bulki, S.Pd,. M.M melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Riadi Ardianto, membuka kegiatan ini juga menghadirkan lima juri yang merupakan tokoh budaya di Lambar.

Riadi Ardianto mengatakan, kegiatan ini inisiasi dari seluruh komunitas dan pelaku seni budaya di Lambar. Juga bekerja sama dengan Disdikbud Lambar dan dapat dukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Risert Teknologi RI.

Baca Juga  Wansori Buka Turnamen Futsal Piala DPRD Lampung Utara

Riadi mengatakan, sebelumnya telah didahului dengan kegiatan lokakarya berupa pembekalan kepada pelaku seni agar dapat membuat festival yang memenuhi kriteria.

Ia menjelaskan, kegiatan bertajuk “the spirit of nyambai” ini karena nyambai merupakan budaya sudah menjadi bagian hidup masyarakat di Lambar, baik sastra lisan maupun gerak dan musik sudah menjadi satu kesatuan identitas bagi masyarakat.

“Selain itu, nyambai saat ini sudah menajdi salah satu warisan budaya di Indonesia,” kata ia.

Baca Juga  LBH DPP AWPI Trisula Sakti: Terjadi Pelanggaran UU Pornografi di Novotel

Digelarnya kegiatan ini, ia berharap ke depannya dapat menggali kembali tradisi tradisi dan budaya lainnya di Lampung Barat.

Ia membeberkan, lomba nyambai diikuti oleh kategori umum, pelajar dan segata pantun bersaut tersebut akan berlangsung dari tanggal 5 — 6 November.

“Selain lomba nyambai pada siang hari, malam hari (malam Senin) juga digelar pegelaran Kelasa Muloh yang menampilkan budaya tradisional khas Lambar, mulai musik tradisional gambus, tari-tarian hingga pelantikan Dewan Pengawas Budaya Lambar,” ujarnya.

“Malam puncak berlangsung pada malam Selasa, sekaligus pembagian hadiah pemenang lomba,” pungkasnya.(Fai)

Pos terkait