Ekonomi Lampung Diprediksi Tumbuh 4,5 Persen

Bank Indonesia Regional Lampung/Net

BANDAR LAMPUNG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung memprediksi pertumbuhan ekonomi di Lampung sekitar 4 persen hingga 4,5 persen pada 2023.

“Tahun depan kami memperkirakan peningkatan ekonomi di Lampung bisa sentuh 4 persen sampai 4,5 persen,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Irfan Farulian, kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung didukung sejumlah sektor seperti pertanian yang mulai membaik, dan perdagangan besar eceran yang mulai tumbuh.

Baca Juga  Ketua Bawaslu Pesisir Barat Dipecat

Kemudian, lanjut dia, sektor transportasi juga kami prediksi akan meningkat karena kebijakan tes PCR atau antigen sudah tidak perlu, salah satunya transportasi penerbangan.

“Untuk pertanian Lampung di 2023 diprediksi akan membaik, dibanding tahun 2022 dimana subsidi pupuk ditarik, dan ada kegagalan panen,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada tahun 2023 untuk di wilayah Sumatera, BI akan berfokus mendukung penguatan percepatan industri manufaktur.

“Khusus Sumatera memang 2023 ini akan mendukung penguatan percepatan sektor industri manufaktur,” katanya.

Baca Juga  Tak Hanya Prioritas Pembangunan, Pesawaran Akselerasi Ekspor Kopi dan Kakao

Ia juga menyampaikan bahwa perkembangan bank yang ada di Provinsi Lampung kinerjanya akan semakin membaik pada 2023 mendatang. Hal ini dilihat dari mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan beberapa sektor ekonomi yang sudah bertumbuh dan membaik.

“Kinerja perbankan di Lampung sudah ke arah peningkatan setelah pandemi 2 tahun setelah kinerja cukup rendah sekitar 6 persen. Ke depan, melihat mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, dan ada beberapa sektor ekonomi yang sudah kembali ke pertumbuhan historitial maka seharusnya perkembangan perbankan juga semakin baik,” kata dia.(ANT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan