Gerhana Terhalang Awan, Banjir Datang di Pesawaran

Banjir di Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran/Istimewa

PESAWARAN – Bisa melihat gerhana bulan, warga Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran malah melihat rumahnya terendam banjir, pada Selasa (8/11/2022).

Ratusan rumah dua desa di kecamatan itu, yakni Desa Pagar Jaya dan Desa Suka Maju terendam banjir sekitar pukul 16.00 WIB. Air dilaporkan mulai surut pada Selasa malam.

Bacaan Lainnya

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir itu, namun kerugian harta benda tentu saja ada.

Baca Juga  LBH Tolak Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Talangsari Lewat Jalur Non Yudisial

Dilaporkan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan bahkan hingga hanyut terbawa derasnya arus sungai.

“Satu rumah terkena dampak longsor, dan fasilitas umum lainnya terendam banjir, diantaranya kantor desa, gedung SD, Puskesmas, Mushola, Masjid serta sarana pasar hanyut terbawa arus air, berikut dinding gedung sekolah jebol,” ujar seorang aparatur kecamatan setempat.

Peristiwa banjir itu terjadi hampir bersamaan dengan gerhana bulan total yang seharusnya bisa terlihat di Pesawaran, Lampung, tapi akhirnya tidak bisa terlihat karena cuaca yang buruk.

Baca Juga  Hari Pahlawan, Bupati Dendi Ajak Perangi Kebodohan dan Kemiskinan 

Bahkan pengamatan gerhana bulan total oleh Observatorium Astronomi Itera juga gagal melihat puncak gerhana pukul 17.59 akibat terhalang cuaca berawan.

Dosen Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera, Robiatul Muztaba mengatakan cuaca berawan dan hujan diprediksi terjadi sejak 16.00 hingga 18.30 WIB. Sehingga gerhana bulan total tidak bisa terlihat dari Lampung.

“Sebetulnya awal gerhana bulan total itu sejak pukul 16.00 WIB, namun karena posisi bulan masih di bawah bumi kita masih belum lihat, kemudian bulan terbit dan puncaknya nanti sekitar pukul 17.59 WIB,” kata Rabiatul Muztaba, Selasa (8/11).(DBS/IWA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan