Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Bersinergi Wujudkan Ketahanan Pangan

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Lampung. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Arinal saat membuka Festival Pangan Lokal dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Jumat (03/11/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pangan dalam kehidupan manusia. Ia juga mengingatkan bahwa saat ini dunia sedang menghadapi tantangan perubahan iklim yang dapat berdampak pada ketersediaan pangan.
“Saat ini kita tengah menghadapi dampak perubahan iklim El Nino yang menyebabkan kekeringan yang mempengaruhi penurunan produksi pertanian di Provinsi Lampung, dan berdampak terhadap harga bahan pangan pokok, seperti beras menjadi tinggi,” ucap Gubernur.

Baca Juga  Dharma Wanita Persatuan Lampung Gelar Pertemuan Rutin dan Baksos

Melihat fenomena tersebut, Gubernur menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi telah mengambil langkah-langkah agar dampak El Nino tidak semakin meluas dan bisa diantisipasi khususnya dalam menjaga ketersediaan pangan di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal juga mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk sumber daya pangan lokal. Oleh karena itu, Lampung memiliki potensi yang besar untuk mewujudkan ketahanan pangan.
“Kita harus optimis dan sigap mengambil momentum untuk memperkuat ketahanan pangan dan mewujudkan kemandirian pangan,” kata Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk memajukan UMKM, termasuk UMKM di bidang pangan. Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk memajukan UMKM, termasuk UMKM di bidang pangan.

Baca Juga  Dishub Provinsi Lampung Menutup Pintu Soal Hilangnya Aset Negara Senilai Ratusan Juta

Berdasarkan data perkembangan sektor Koperasi dan UKM di Provinsi Lampung, UMKM di Provinsi Lampung tercatat sebanyak 273.457 unit yang terdiri dari usaha mikro 263.778 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 376 unit.
“Saya berharap jumlah ini akan terus berkembang dan diperbanyak di masa-masa yang akan datang, Saya juga berharap kegiatan ini akan menjadi semangat baru bagi kebangkitan ekonomi di sektor UMKM Pangan Lokal untuk terus berkarya mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” kata Gubernur Arinal. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Pos terkait