Gubernur Arinal Resmikan Panti Jompo Tali Cinta Kasih

Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung senantiasa memberi dukungan dan mendampingi lansia. Karena hal ini selaras dengan komitmen Prmprov yang dimuat dalam misi ketiga, yaitu “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pun menyambut baik kehadiran panti jompo di tengah-tengah masyarakat. Terutama di tengah-tengah perubahan nilai dan struktur yang terjadi di dalam keluarga.

“Menjadi pilihan yang terbaik untuk membantu lansia dalam menjangkau sumber-sumber yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dan mencapai tingkat kesejahteraan bagi lansia itu sendiri.” kata Gubernur Arinal, Minggu (23/7/2023) pagi di Panti Jompo Tali Cinta Kasih yang berlokasi di Kecamatan Metro Utara, Kota Metro.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya menyambut baik dan mengucapkan selamat atas diresmikannya Panti Jompo Tali Cinta Kasih. Saya harap panti jompo ini kelak dapat menjadi rumah rehat yang nyaman bagi mbah kakung dan mbah putri di usia senja.” Gubernur Lampung Arinal berharap.

“Sungguh suatu kehormatan bagi saya berada di antara para pegiat, pemerhati lanjut usia, serta pengurus panti jompo. Tak lupa mbah kakung dan mbah putri yang menyambut saya dengan senyuman yang penuh kehangatan.” ucap Arinal.

Baca Juga  Sekdaprov Fahrizal Buka Workshop Pegiat Literasi Daerah 2023

Tak hanya itu, Arinal Djunaidi juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada ibu Ketua Umum /Ketua Harian Persatuan Komunitas Disabilitas (PKDL) Lampung yang menginisiasi peresmian Panti Jompo Tali Cinta Kasih dan juga Walikota Metro yang mendukung kegiatan peresmian ini.

Gubernur Arinal juga meminta kepada para pegiat dan pemerhati lanjut usia untuk senantiasa menjaga kebahagiaan mbah kakung dan mbah putri yang bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan mengajak mereka menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat.

Juga dengan selalu berpikir positif dan banyak beribadah. Serta dengan memberikan ruang bagi lansia supaya terbuka dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman hidup.

“Masa senja adalah masa-masa yang seharusnya dipenuhi dan diwarnai dengan kasih sayang dan perhatian. Menjadi lansia adalah kebahagiaan tersendiri. Namun seiring dengan bertambahnya usia, banyak permasalahan yang harus dihadapi dan harus disikapi dengan baik. Sehingga para lansia tidak menjadi lansia yang bermasalah sosial.” Kata Arinal.

Baca Juga  Kasus Suap Unila: M Basri kepada KPK, "Jangan Kami Berempat Saja"

“Sayangnya, menjadi lansia justru dianggap menjadi beban bagi keluarga. Keluarga yang seharusnya menjadi rumah bagi para lansia, namun justru rumah tersebut memandang keberadaan lansia di dalam keluarga merupakan beban.” lanjutnya.

Kebutuhan hidup lansia berbeda dengan kebutuhan hidup yang lain sebagai penduduk usia produktif. Menurut Arinal, hal ini dipengaruhi oleh proses penuaan, perubahan, dan kemunduran di dalam tahap kehidupan yang terjadi pada lansia. Sehingga menyebabkan kebutuhan lansia lebih spesifik dibandingkan dengan yang lain.

Untuk itu, Gubernur Arinal mengimbau, agar bersama-sama mewujudkan masa senja para lansia penuh warna dan kebahagiaan melalui cinta kasih yang kita berikan.

“Saya berharap dengan peresmian Panti Jompo Tali Cinta Kasih, dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk terus bergerak untuk rakyat demi mewujudkan Lampung Berjaya.” Ajak Arinal. (*)

Pos terkait