Kampanye Pilpres 2024 Dimulai

Kampanye Pilpres 2024 Dimulai
3 paslon capres dan cawapres akan mulai berkampanye secara resmi. Foto Istimewa

Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai jadwal kampanye pasangan capres-cawapres pada Selasa 28 November 2023, hari ini. Pun, tiga paslon sudah mempunyai rencana untuk berkampanye.

Sesuai jadwal yang dirilis KPU, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berencana memulai kampanye di wilayah DKI Jakarta. Hal itu telah dibenarkan lewat kedua pasangan itu.

Bacaan Lainnya

“Jabodetabek, (mulai) besok ada beberapa titik,” ujar Cak Imin di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Cak Imin tetapi tidak menjelaskan secara rinci terkait dengan proses kampanye yang akan dimulai di Jakarta besok. Dia juga tidak menjelaskan apakah akan berjalan bersama dengan Capres Anies atau tidak.

Baca Juga  DPR Setujui Empat Rancangan PKPU

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun menuturkan juga akan fokus kampanye di hari pertama di wilayah Jabodetabek. “Kita kick off di sekitar Jabodetabek,” ujar Prabowo kepada wartawan.

Dia juga belum memastikan dimana lokasi pertamanya yang akan dikampanyekan. Kendati, dia akan berbagi tugas dengan pasangannya yakni Gibran Rakabuming Raka. “Kita mulai bagi tugas, yang muda bergerak kemana-mana haha,” ucap Prabowo.

Sedangkan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mempersiapkan rencana kampanye dari wilayah timur dan barat Indonesia hingga bertemu di titik tengah Indonesia.

Baca Juga  Gubernur Arinal Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

Ganjar membeberkan soal rencana kampanye tersebut sudah siap dan akan dimulai esok hari. “Sudah siap semuanya dan kita memulai besok,” ujar Ganjar kepada wartawan.

Lanjut, Ganjar menyebut dua kota yang akan menjadi titik awal mula rangkaian kampanye nasional adalah di Papua dan Aceh. “Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh,” tegasnya.

Mengenai mekanisme rencana kampanye tersebut, Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa ia bersama Mahfud MD akan saling bergerak dari timur ke barat, begitupun sebaliknya. “Dari timur ke barat kita bergerak,” jelasnya.(*)

Pos terkait