Kodim Batang Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

BATANG – Kodim 0736/Batang menggelar upacara gabungan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10/2022).

Bertindak selaku inspektur upacara Kastaf Kodim 0736/Batang Mayor Inf Slamet Muchadi dan diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim Batang.

Bacaan Lainnya

Kepala Staf Kodim 0736/Batang, saat membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, menyampaikan, sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan.

“Bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” kata dia.

Baca Juga  Meski Dilarang Kapolda, Tambang Galian C di Desa Kedungsegog Tetap Beroperasi

Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati, inilah yang menjadi tekad kita meneruskan perjuangan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa,” jelasnya.

Semangat untuk selalu sungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Baca Juga  Eva Dwiana Ajak Generasi Muda Kreatif dan Inovatif

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter perlu dikembangkan, agar pemuda mampu menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan harmoni. orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” kata dia.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita untuk mampu membangun persatuan bangsa dalam menggapai cita-cita kejayaan bangsa Indonesia.(SAN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan