Lagi, Gudang Penimbunan BBM di Natar Terbakar

Lagi, Gudang Penimbunan BBM di Natar Terbakar
Lagi, Gudang Penimbunan BBM di Natar Terbakar. Foto Polda Lampung

Bandarlampung – Menilik dari tampilan luarnya, gudang berukuran 50 x 50 meter di Dusun Induk Candimas, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan itu, layaknya bengkel mobil.

Namun, musibah kebakaran yang terjadi di lokasi itu pada, Rabu (1/5/2024),
sekitar pukul 04.05 Wib, secara tidak langsung berhasil membongkar misteri keberadaan bengkel dimaksud.

Bacaan Lainnya

Banyak pihak, termasuk warga sekitar gudang, menduga bengkel tersebut merupakan gudang penampungan bahan bakar minyak (BBM) ilegal. Kebakaran sempat membuat geger warga, lantaran di antara jilatan lidah api disertai bumbungan asap tebal ke udara, sempat terdengar suara ledakan.

Dugaan gudang BBM itu mengemuka, karena di lokasi terdapat belasan tendon berukuran besar ikut terbakar. Diduga, tendon-tendon tersebut berisi timbunan BMM. Selain itu, ada pula unit colt diesel modifikasi yang ikut ludes dilumat api.

Baca Juga  Kritik Lambannya Kemajuan Kepariwisataan di Lampung, Yusuf Kohar: Kita Butuh Pemimpin yang Memiliki Growth Mindset

Informasi yang diperoleh wartawan dari Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Kabupaten Lampung Selatan Rully Fikriansyah, Rabu (1/5/2024) siang, menyebutkan bawa petugas membutuhkan waktu sekitar enam jam lebih untuk bisa menjinakkan amukan api.

Sejumlah personel Damkarmat langsung dikerahkan menuju lokasi kejadian, beberapa saat setelah mendapat laporan dari petugas pemadam Posko Natar.

“Ada salah seorang warga yang melaporkan peristiwa itu kepada petugas pemadam di Posko Natar, sekitar pukul 04.05 Wib, yang kemudian diteruskan ke Damkarmat Lampung Selatan,” kata Rully.

Rully menyebut, kobaran api menjulang tinggi dan membakar semua barang yang ada di lokasi. Petugas pemadam mengerahkan tiga unit mobil pemadam, dibantu pula sejumlah personel Polsek Natar berjibaku memadamkan api.

Baca Juga  Siaga Awas Anak Krakatau: BPBD-BNPB Keluarkan Edaran Mendesak

Bahkan, munculnya suara ledakan dari dalam gudang disertai percikan api yang membunbah, sempat membuat petugas mundur beberapa langkah lantaran api sempat menyambar mobil pemadam. Malahan, mobil carry yang tak jauh dari tempat itu juga sudah lebih dulu ludes terbakar.

Beberapa warga sekitar yang ditanyai, menyatakan sudah sejak lama mereka menduga gudang tersebut dijadikan tempat penimbunan BBM. Dugaan itu dikuatkan, lantaran warga kerap melihat mobil modifikasi keluar masuk gudang yang memang lokasinya tak jauh dari SPBU Candimas, Natar.

Terpoisah, Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah mengatakan, masih menyelidi peristiwa kebakaran tersebut. Termasuk, adanya dugaan gudang digunakan sebagai tempat penimbunan BBM ilegal. (*)

Pos terkait