Mau Mudik, Warga Bandarlampung Wajib Lapor RT

Mau Mudik, Warga Bandarlampung Wajib Lapor RT
Mau Mudik, Warga Bandarlampung Wajib Lapor RT. Foto Istimewa

Bandarlampung – Bagi warga Kota Bandarlampung yang ingin mudik Lebaran 2024 ke kampung halaman, Pemkot Bandarlampung minta agar melapor kepara RT atau pamong setempat.

Ini penting dilakukan, untuk menjaga agar rumah yang ditinggalkan terjamin keamanannya. “Untuk menjaga keamanan lingkungan,” kata Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, Rabu (3/4/2024).

Bacaan Lainnya

Pesan itu disampaikan walikota saat kegiatan Apel Operasi Ketupat Krakatau di Mapolresta Bandarlampung. Selanjutnya, kata Eva, Pemkot Bandarlampung akan mengerahkan ratusan personel dari sejumlah OPD terkait untuk melaksanakan patroli selama musim mudik berlangsung.

Baca Juga  Perang Sarung Dilarang, Tapi Terus Berulang

“Kami siapkan Satgas dari Babinsa, Kamtibmas, Satpol PP serta RT untuk patroli, memastikan keamanan di wilayah Bandarlampung selama mudik,” akatanya.

Walikota berjanji, akan memperketat pengamanan daerah. Sebab, masa libur lebaran tahun ini lebih panjang dari sebelumnya, yaitu hingga 15 April 2024 mendatang.

Pada kesempatan sama, Kapolresta Bandarlampung Kombes Abdul Waras menyatakan, Operasi Ketupat akan menyiagakan sembilan posko untuk melakukan pengamanan arus mudik.

Posko tersebut, kata kapolresta, terdiri dari satu pos terpadu, dua pos pelayanan, serta lima pos pengamanan. “Lokasi posko berada di Pospam Ryacudu, Tugu Raden Intan, Kemiling, Bambu Kuning, Lapangan Baruna Panjang, dan Sukamaju,” kata Kombes Abdul Waras.

Sedangkan pos pelayanan, berada di Terminal Rajabasa, Ramayana, dan Pelabuhan Panjang. “Kami menerjunkan 427 personel untuk siaga di sembilan pos tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga  Pimpin Rapat Persiapan Acara Restocking Benih Ikan di Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur : Perikanan merupakan Salah Satu Ujung Tombak Lampung

Selain itu, Polresta Bandarlampung juga menyediakan tempat penitipan motor pada setiap Polres dan Polsek, kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran 2024. “Masyarakat juga harus memastikan sendiri keamanan rumah masing-masing sebelum meninggalkannya,” ingat Kapolresta.

Satgasus

Pemkot Bandarlampung menyiapkan satuan tugas khusus (satgasus) untuk memantau rumah-rumah warga yang ditinggal mudik Lebaran 2024. Satgas terdiri dari personel Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama rukun tetangga (RT) ataupun pamong setempat .

“Bisa juga nanti dilakukan patroli bersama untuk memantau rumah yang ditinggal mudik,” kata Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, Rabu (3/4/2024).(Ant)

Pos terkait