Nukman Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Lampung Barat

kiri-Pj Bupati Lampung Barat Nukman, bersama Parosil Mabsus/Iatimt

LIWA – Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman, secara resmi dilantik Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim, di Gedung Balai Keratun, Bandar Lampung, Minggu (18/12/2022).

Jabatan Pj Bupati Lambar resmi disandang Sekretaris Daerah (Sekda) Nukman menggantikan Parosil Mabsus dan Wakilnya Mad Hasnurin atau yang biasa dikenal dengan sebutan (PM) yang masa jabatannya berakhir pada tanggal 11 Desember 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Pelantikan ini juga menandai berakhirnya masa kerja Bupati dan Wakil Bupati Lambar periode 2017-2022, sekaligus jabatan ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Gurti Mad Hasnurin.

Nukman dilantik menjadi Pj Bupati Lambar berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 100.2.1.3-6269 tahun 2022 per tanggal 12 Desember 2022 tentang pengangkatan Penjabat serta pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati Lambar.

Baca Juga  Selamat Bertugas, Gubernur Lantik Muhamad Firsada Sebagai Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat

Dalam sambutannya Wagub Chusnunia Chalim mengatakan, dinamika pergantian kepala daerah harus disikapi dengan bijak dengan tetap menjaga stabilitas dan kondisi daerah, penguatan konslidasi internal maupun eksternal, institusi pemerintah di Daerah, pelayanan publik serta menyelesaikan target pembangunan yang telah direncanakan.

Karena menurut Wagub kemajuan perkembangan Kabupaten Lambar selama ini merupakan buah karya kerja keras dari Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin yang telah purna tugas pada 11 Desember 2022 lalu.

Chusnunia Chalim mengapresiasi kinerja Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin yang selama ini sudah mengabdikan diri, mencurahkan jeri payah untuk memajukan Lampung Barat selama lima tahun.

“Untuk Pj Bupati Lambar yang baru saja dilantik, saya minta supaya untuk segera dapat menyesuaikan diri mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna melanjutkan tata kelola kepemerintahan sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan tugas dan pungsi saudara,” pintanya.

Baca Juga  Waspada Serangan Difteri: Satu Pasien Meninggal Dunia di Lampung Barat

Selain itu, ia berpesan kepada Nukman agar ke depannya terus menjalin sinergiritas kepada stackholder guna melanjutkan program yang telah disusun dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, keterbukaan, partisipatif, efektif serta berpihak dengan kepentingan masyarakat.

Wagub menjelaskan salah satu tugas Pj Bupati yakni mempasilitasi persiapan pelaksanaan pemilu, pilkada tingkat Kabupaten tahun 2024 mendatang serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (PNS).

“Pj Bupati yang baru saja dilantik ini tugasnya istimewa akan melewati masa-masa yang tidak mudah terutama pemilu bersamaan dengan pilpres serta pilkada serentak,” kata dia.

“Hal tersebut merupakan pengalaman pertama kalinya untuk Indonesia, maka dari itu tugasnya tidak mudah terutama mengenai ketertiban dan keamanan,” ujarnya lagi.(*/FAI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan