Operasi Zebra 2022 Dimulai, Ini Pesan kasat Lantas Polres Pringsewu

Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri/Dok Polres Pringsewu

PRINGSEWU – Polres Pringsewu, mengimbau masyarakat pengguna jalan berhati-hati saat berkendara dan melengkapi diri dengan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM serta menggunakan helm.

Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri, usai mengikuti apel gelar pasukan dimulainya Operasi Zebra Krakatau 2022 di lapangan apel Mapolres setempat, Senin (3/10/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakan kasat Lantas, kepolisian mulai Senin (3/9/2022) hingga Minggu (16/9/2022) nanti melaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2022. Operasi ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Pringsewu.

“Benar mulai hari ini secara resmi telah dimulai dan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia,” ujar Kasat Lantas.

Dikatakan kasat lantas, terdapat tujuh sasaran prioritas pelanggaran yang menjadi target operasi, yakni; pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan handphone saat berkendara; engendara yang masih dibawah umur, berboncengan dengan sepeda motor lebih dari satu orang; dan pengendara yang tidak menggunakan helm SNI.

Baca Juga  Kapolsek Muntilan Beri Ucapan Selamat Kepada Anggotanya Yang Naik Pangkat

Kemudian, pengemudi tidak menggunakan safety belt; berkendara dalam pengaruh alkohol; berkendara melawan arus lalu lintas dan berkendara melebihi batas kecepatan.

Ia juga mengatakan mekanisme penindakan dalam operasi zebra Krakatau 2022 diutamakan menggunakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Namun demikian bagi daerah yang belum memiliki sarana ETLE maka, pengendara yang terjaring melakukan pelanggaran berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan termasuk dalam 7 sasaran prioritas maka akan tetap ditindak secara tilang manual,” jelasnya.

Oleh karena itu Ia meminta masyarakat turut mendukung dan mensukseskan jalanya operasi zebra krakatau 2022 dengan disiplin dan mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Kami juga mengimbau masyarakat pengguna jalan berhati-hati saat berkendara dan melengkapi diri dengan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM serta menggunakan helm,” imbuhnya.

Baca Juga  Azwar Hadi Minta Petani Lamtim Manfaatkan Pupuk Kandang

Terpisah Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi saat memimpin apel gelar pasukan operasi zebra Krakatau 2022 mengatakan, tujuan digelarnya Operasi Zebra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran simpatik,” ungkap Rio

Ia meminta para anggota yang terlibat dalam operasi untuk melaksanakan operasi dengan persuasif, humanis, simpatik, dan bertanggung jawab.

Selain itu, Rio juga meminta agar personel menjaga keselamatan diri dan pribadi dalam melaksanakan tugas, tetap waspada, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Berikan pelayanan terbaik pada masyarakat dan niatkan sebagai ladang amal ibadah kita kepada Allah SWT,” tandasnya.(HER)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan