Penjaringan Calon Kepala Daerah Stagnan

Penjaringan Calon Kepala Daerah Stagnan
Penjaringan Calon Kepala Daerah Stagnan. Foto Istimewa

Bandarlampung – Penjaringan calon kepala daerah pada tahapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, sebagaimana telah dijadwalkan KPU RI, dimulai pada Mei 2024.

Yakni, tahap Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan. Sedangkan pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakilnya, Agustus 2024 disusul kemudian Pendaftaran Pasangan Calon pada Selasa, 27 Agustus 2024 hingga Kamis, 29 Agustus 2024.

Nah, menyikapi hal ini, ternyata masih banyak kepengurusan partai politik di wilayah Lampung yang belum menggagas penjaringan bakal calon kepala daerah maupun wakilnya.

Bahkan, dari rilis media massa diketahui baru dua parpol yang mulai melaksanakan tahapan tersebut. Yakni, PDIP dan PAN.

Baca Juga  Dua Menteri Tinjau Perbaikan Jalan Provinsi di Kabupaten Pesawaran

Sementara parpol lain, masih berkutat dalam wacana lain masih berkutat dalam bias wacana.

Informasi yang diperoleh dari Ketua DPW PAN Lampung, Irham Jafar Lan Putra, Selasa (2/4/2024), menyebutkan bila parpol berlambang maharani ini akan melaksanakan proses penjaringan calon kepala daerah usai Lebaran nanti.

“Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sudah memerintahkan seluruh DPW maupun DPD di Lampung untuk segera membuka penjaringan calon kepala daerah,” kata Irham.

Perintah DPP ini, kata dia, disampaikan langsung oleh Ketua Umum saat rapat koordinasi via zoom, kemarin.

“DPW dan DPD diminta untuk membentuk tim penjaringan kepala daerah. Baik di tingkat provinsi, maupun kabupaten kota,” jelasnya.

Baca Juga  Ketua Komisi V DPRD Hadiri Pelantikan Pj.Bupati Pringsewu

Irham berkeinginan, dalam proses penjaringan tersebut akan didapat kader terbaik partai yang berminat ikut kontestasi Pilgub Lampung, maupun Pilkada Bupati atau Walikota.

“Pada prinsipnya, kami utamakan penjaringan untuk kader PAN. Namun, jika ternyata belum ada kader yang mumpuni, kita lakukan penjaringan eksternal,” ujarnya.

Irham mengingatkan, agar kader PAN yang ingin ikut pilkada harus memiliki kemampuan, termasuk mampu secara finansial.

“Rencananya, tahapan penjaringan akan kita buka secara resmi setelah Idul Fitri,” ungkapnya.

Berkenaan dengan koalisi partai, Irham menyatakan hingga kini PAN Lampung masih menjalin lobi dengan parpol lain yang memiliki haluan sama. Yakni, membangun daerah.(*)

Pos terkait