Penurunan Stunting Wujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi/Istimewa

GEDONGTATAAN – Ketua TP PKK Provinsi Lampung diwakili oleh Ketua Bidang I, Mamiyani Fahrizal, melakukan kunjungan kerja dalam rangka melaksanakan program desa model konvergensi penanganan dan pencegahan stunting sekaligus desa ramah perempuan dan peduli terhadap anak.

Kegiatan ini dipusatkan di Desa Cipadang, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Selasa (8/11/2022).

Bacaan Lainnya

Bupati Dendi Ramadhona, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Wildan, menjelaskan, bahwa Pemkab Pesawaran berkomitmen untuk terus melakukan percepatan penurunan stunting.

Baca Juga  Kelas Ibu Hamil di Pekon Banyu Urip Pringsewu Dukung Program Stunting

Hal itu diwujudkan dengan dikeluarkannya SK Bupati Pesawaran Nomor 195/IV.07/HK/2022 tentang tim percepatan penurunan stunting.

“Agar nantinya pelaksanaan percepatan penurunan stunting dapat dilaksanakan secara holistik, integratif, tematik dan spasial, serta mengedapankan kualitas pelaksanaan melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi antara pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, seluruh mitra kerja dan para pemangku kepentingan,” jelas dia.

Saat ini di Kabupaten Pesawaran, kata Wildan, telah terbentuk 256 tim pendamping keluarga (TPK) dengan 768 kader TPK, yang terdiri dari bidan, tim penggerak PKK, hingga kader institusi masyarakat pedesaan.

Dampaknya, perkembangan prevalensi stunting dari tahun ke tahun di Pesawaran terus menurun, yaitu tahun 2017 sebesar 35,20%, tahun 2018 27,49%, tahun 2019 13,14%, tahun 2020 4,30%, tahun 2021 17,60%, dan tahun 2022 3,50%.

Baca Juga  Pemdes Way Kepayang Buka Akses Jalan Penghubung Antar Desa

Sementara, Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi, menjelaskan, program percepatan penurunan stunting merupakan satu kesatuan untuk mewujudkan desa ramah perempuan dan peduli anak (DRPPA), yang dikembangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kata Indira, DRPPA diharapkan dapat memperkecil kesenjangan gender, serta berbagai permasalahan perempuan dan anak dapat diselesaikan mulai dari desa.

Selain itu, berbagai program kegiatan juga telah dilaksanakan dengan melibatkan berbagai lintas sektor dalam pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan perlindungan anak untuk mewujudkan DRPPA dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran, khususnya di Desa Cipadang.(MDS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan