Peringati HPSN 2024, Pemkab Tubaba Gelar Aksi Bersih-bersih

Peringati HPSN 2024, Pemkab Tubaba Gelar Aksi Bersih-bersih
Peringati HPSN 2024, Pemkab Tubaba Gelar Aksi Bersih-bersih. Foto Istimewa

Panaragan – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) turut serta dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan menyelenggarakan Aksi Clean Up (Bersih-bersih) yang berlangsung di Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah (Tbt) pada Jumat (23/02/2024).

Aksi bersih-bersih dimulai pukul 07.00 WIB dan melibatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tubaba, Camat Tbt, serta siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMA. 

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Hari Juang TNI AD, Prajurit Korem 043 Gatam Sumbang 104 Kantong Darah

Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Firmansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tubaba, menjelaskan bahwa peringatan HPSN 2024 ini sesuai arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 2 tahun 2024 tanggal 31 Januari 2024, serta Surat Gubernur Lampung Nomor 004.142.1.1/0609/V.10./2024 Tanggal 5 Februari 2024 Tentang Peringatan HPSN 2024.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini secara serentak di Tubaba, diharapkan masyarakat dan lingkungan sekolah dapat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya dalam penanganan sampah. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Baca Juga  Anggota Komisi II DPRD Tanggamus Fraksi Gerindra Wafat di Jakarta

Partisipasi aktif seluruh OPD, Camat, dan pelajar dari berbagai tingkatan sekolah memberikan gambaran komitmen bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

Aksi bersih-bersih bukan hanya sebagai upaya tanggap terhadap peringatan HPSN, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam menciptakan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat Tubaba akan semakin tumbuh untuk menjaga kebersihan lingkungan sehari-hari, sehingga dapat tercipta lingkungan yang nyaman dan layak untuk ditinggali. 

Aksi bersih-bersih ini juga menjadi langkah awal yang signifikan menuju perubahan positif dalam mengelola sampah dan menjaga keberlanjutan alam.(*)

Pos terkait