Persaingan Ketat Pilkada Pringsewu 2024

Persaingan Ketat Pilkada Pringsewu 2024
Pilkada Pringsewu 2024 diprediksi paling ketat. Aroma persaingan mulai tercium dari tiga nama bakal calon kepala daerahnya. Ririn Kuswantari, Adi Erlansyah, hingga Fauzi. Foto Istimewa

Dibandingkan dengan pilkada kabupaten lain di wilayah Lampung, Pilkada Pringsewu 2024 diprediksi paling ketat. Aroma persaingan mulai tercium dari tiga nama bakal calon kepala daerahnya. Ririn Kuswantari, Adi Erlansyah, hingga Fauzi.

Pringsewu – Titik kulminasi kemajuan Pringsewu sebagai wilayah kabupaten otonom, sangat mungkin akan dimulai dari titik ini. Yakni, Pilkada Serentak 2024.

Bacaan Lainnya

Jika dibandingkan dengan pesta politik lima tahunan sebelumnya, maka ‘hajatan politik’ kali ini lah yang dianggap paling ketat.

Tercatat, ada tiga nama sosok mumpuni bakal calon kepala daerahnya. Mereka ‘urun rembug’ secara bersamaan pada tahun ini, dimana masing-masing figur dinilai memiliki basis pendukung kuat.

Adalah Fauzi, salah satu calon kepala daerah itu. Mantan Wakil Bupati Pringsewu 2017 – 2022 ini sudah cukup lama dikenal masyarakat Pringsewu, dengan berbagai program terobosannya.

Beikutnya, Ririn Kuswantari. Dia adalah srikandi Partai Golkar yang juga Anggota DPRD Lampung. Sebagai sosok politisi, Ririn sudah dikenal luas masyarakat Pringsewu. Sebab, pada Pilkada 2019 lalu, nama Ririn sempat dijagokan karena dianggap mampu melawan H. Sujadi Saddat (mantan Bupati Terpilih kala itu).

Baca Juga  Pj Bupati Pringsewu Ajak Semua Pihak Perangi Pungli

Kemudian, Adi Erlansyah. Dia merupakan sosok Abdi Negara yang juga mantan Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu.

Meski kiprah politik Adi Erlansyah ini tidak terlalu banyak dikenal publik, namun kedekatannya dengan Gubernur Lampung (kerabat dekat) dinilai banyak kalangan bisa menjadi ‘blunder’ bagi calon lain.

Nah, terlepas dari apa, siapa, dan bagaimana Fauzi, Ririn Kuswantari, maupun Adi Erlansyah, masyarakat Pringsewu lah yang akan menilai kiprah mereka.

Pantauan lapangan, Senin (6/5/2024), politisi Partai Golkar Ririn Kuswantari mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Pringsewu, di DPD Partai NasDem Kabupaten Pringsewu.

Wanita ini didampingi pula oleh suaminya yang juga politisi Partai Golkar, Wendy Melfa. Diketahui bahwa, sebelumnya nama Ririn telah direkomendasikan oleh DPP Partai Golkar sebagai bakal calon kepala daerah Pringsewu.

Menanggapi niatan pencalonannya tersebut, Ririn menyatakan segera menjalin komunikasi politik dengan para tokoh Pringsewu.

“Saya yakin, dengan melibatkan serta unsur tokoh ini dapat mengolaborasi visi misi saya untuk kemajuan Pringsewu,” ucap Ririn.

Baca Juga  Proyek Rp23 Miliar Sumur Bor BPBD Lampung: Tiga Lokasi Tak Terlacak

Pada hari yang sama, Senin (6/5/2024), mantan Pj Bupati Pringsewu 2022 – 2024, Adi Erlansyah juga mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati di Sekretariat Partai NasDem.

Adi Erlansyah didampingi LO serta timnya, ke DPD NasDem Pringsewu sekitar pukul 13.00 Wib.

“Sebagai pertimbangan, saya bukan anggota atau pengurus partai politik manapun. Mungkin ini akan menjadi dasar bagi Partai NasDem untuk mengambil keputusan nantinya,” ucap Adi kepada wartawan.

Sementara itu, Fauzi, mantan Wakil Bupati Pringsewu, Senin (6/5/2024), mendatangi Sekretariat PDIP Kabupaten Pringsewu untuk mengembalikan berkas pendaftaran pencalonannya sebagai kepala daerah.

Kedatangan Fauzi, didampingi serta sejumlah elemen masyarakat dan akademisi. Tak hanya itu saja, perwakilan petani, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga pelaku UMKM ikut pula menyertai.

Diketahui, Fauzi merupakan orang pertama yang telah mengembalikan berkas pendaftaran ke DPD PDIP Pringsewu, dari sebanyak 16 politisi maupun Abdi Negara yang sebelumnya telah mengambil formulir.(*)

Pos terkait