Pesagi Culture Festival di Lambar Resmi Ditutup 

Pesagi Culture Festival di Lambar Resmi Ditutup 
Penutupan Pesagi Culture Festival tahun 2023 bertajuk The Spirit Of Nyambai. Foto Istimewa

LIWA – Tayuh balak Kabupaten Lampung Barat yang dikemas melalui Pesagi Culture Festival tahun 2023 bertajuk The Spirit Of Nyambai resmi ditutup, Senin malam (06/11).

Seperti diketahui, Pesagi Culture Festival yang digelar Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Dewan Seni setempat berlangsung di Lamban Pancasila Kecamatan Balik Bukit 05 hingga 06 November.

Bacaan Lainnya

Dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional yang berada di Kabupaten Lampung Barat dari tari-tarian hingga sastra. Sekaligus perlombaan seni budaya nyambai.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lampung Barat menyampaikan rasa syukur, pasalnya perhelatan Pesagi Culture Festival 2023 berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Penipuan Via WhatsApp! Pria Ngaku Paman di Sumberjaya Lambar Berhasil Gasak Rp5 Juta

“Alhamdulillah pada malam hari ini kita dapat bersama-sama hadir dalam acara malam puncak Pesagi Culture Festival 2023 dengan tema “The Spirit Of Nyambai”,” kata dia.

“Saya selaku Penjabat Bupati Lampung Barat merasa sangat senang dan bangga atas terselenggaranya festival ini,” sambungnya.

Dirinya menjelaskan pelaksanaan kegiatan Pesagi Culture Festival yang merupakan Program Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Platform indonesian), Dinas Pendidikan dan kebuadayaan Kabupaten Lampung Barat berkolaborasi dengan Dewan kesenian Lampung Barat dan Pelaku seni.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan acara yang begitu meriah dan bermakna ini, terutama kepada Kemdikbudristek RI Sebagai pihak yang telah membarikan wawasan serta bantuan untuk mewujudkan sumberdaya manusia seni yang unggul di Kabupaten Lampung melalui program Indonesiana,” ucapnya.

Baca Juga  Ribuan Warga Lambar Antusias Meriahkan Jalan Sehat HUT Golkar

“Selain itu saya menyampaikan terimakasih kepada para pengurus Dewan Kesenian Lampung Barat, komunitas seni dan sanggar-sanggar selaku penyelenggara, pengisi acara baik dari penampil tamu, penampil pekon dan pelaku budaya yang telah bersama-sama memeriahkan kegiatan Pesagi Culture Festival ini,” lanjutnya.

Menurutnya, festival budaya tersebut sangat berperan penting dalam upaya pelestarian seni dan budaya tradisi khususnya di Lampung Barat.

“Festival tak hanya sekedar sebuah perayaan, namun juga terselip tujuan baik jangka pendek dan jangka panjang terhadap objek kemajuan Kebudayaan Daerah,” terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap penyelenggraan Pesagi Cultur Festival tahun 2023 agar dijadikan momentum terbaik untuk dapat menumbuhkan jiwa gotong royong, membangun perdaban budaya yang adi luhung dan syarat akan nilai tradisi yang kuat untuk membangun Lampung Barat yang hebat.(Fai)

Pos terkait