Peserta Kagum Liat Kinerja Para Pj.Kepala Daerah

Para penjabat (Pj) Bupati di Lampung memaparkan berbagai capaian kerja di hadapan ratusan mahasiswa dalam acara seminar publik yang diselenggarakan Jurusan Hukun Tata Negara (HTN) Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila), Selasa (21/5).

Dalam diskui publik yang dibuka langsung oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M dan dimoderatori Ketua Jurusan HTN FH Unila DR. Yusdianto.,SH.,MH itu hadir Pj. Bupati Mesuji DR. Drs. Sulpakar.,MM, Pj.Bupati Tulangbawang Drs. Qudrotul Ikhwan MM, Pj. Bupati Tulangbawang Barat Drs. M. Firsada, M.Si, dan Pj. Bupati Tanggamus Ir.Mulyadi Irsan,.MT. Sementara Pj Bupati Pringsewu, Pj.Bupati Lampung Utara dan Pj. Bupati Lampung Barat mengutus perwakilan untuk menghadiri acara tersebut.

Pj. Bupati Mesuji Sulpakar memaparkan berbagai capaian selama menjabat Bupati Mesuji mulai dari meningkatan APBD, membangun infrastruktur, pendidikan, kedisiplinan pegawai, hingga menurunkan stunting secara signifikan. “Pertama saya masuk Mesuji tantangan pertamanya adalah sumberdaya manusianya. Tapi bukan masalah intelektualitasnya, tapi masalah disiplinnya, kemudian kerjasamanya. Makanya saya langsung membuat motto Bergerak Bersama Maju Semua,” ujarnya mengawali pemaparan.

Setelah itu, lanjut Sulpakar, Pemkab Mesuji melakukan berbagai inovasi dan terobasan guna mengakselerasi berbagai bidang pembangunan. “Alhamdulillah saat ini Mesuji terbaik Standar Pelayanan Minimal (SPM) se Provinsi Lampung berdasarkan Rilis Sekber SPM Permendagri Mei 2024 dengan Torehan Nilai 91,54,” ungkapnya.

Baca Juga  Riana Sari Arinal Buka Raker I Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 Bandarlampung

Yang lebih membanggakan dari 416 Kabupaten Se Indonesia Kabupaten Mesuji menempati urutan ke 41 Peringkat Kinerja SPM Kabupaten Se indonesia Tahun 2023 .

Selain itu, Mesuji berhasil menurunkan jumlah kasus gizi buruk secara signifikan. Penurunan yang luar biasa dari angka stunting balita yang mampu di capai oleh kabupaten Mesuji dari 22,5 % menjadi 5 % tahun 2023.

Dibidang infrastruktur, Sulpakar mengatakan banyak yang sudah dibangun dan diperbaiki baik itu jembatan maupun jalan.”Termasuk membangun jembatan yang menghubungkan Mesuji Lampung dengan OKI Sumatera Selatan,” tandasnya.

Pemkab Mesuji juga melakukan penanganan Abrasi dalam kegiatan peningkatan daerah irigasi daerah rawa di kabupaten Mesuji yang di laksanakan di kecamatan rawa jitu utara. Pembangunan BBI di Desa Bukoposo kecamatan way serdang yang merupakan balai benih ikan terbesar di Sumatera. Pembangunan Jalan Inpres dengan panjang 7,49 km yang terletak di kecamatan Tanjung raya dan kecamatan Mesuji timur. Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) secara gratis yang telah terealisasi 314 rumah. Pembangunan Tower BTS di Lima Desa. Bantuan Sosial Kemasyarakatan untuk menurunkan angka kemiskinan program keluarga harapan.

Baca Juga  Sudah Sebulan Solar Langka, Nelayan TPI 'Ngeluh'

“Selama dua tahun kita berusaha semaksimal mungkin membuat berbagai trobosan. Alhamdulillah berkat dukungan penuh masyarakat Mesuji semua bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M dalam sambutanya sangat mengapresiasi kegiatan yang selenggarakan Jurusan HTN FH Unila ini. Prof Lusi berharap acara ini bisa mendatangkan manfaat bagi mahasiswa maupun bagi para penjabat bupati sendiri.”Dengan acara ini mudah-mudahan sinergisitas antara kampus dengan pemerintah daerah bisa terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara, Winta Anggita, mahasiswa yang hadir dalam acara itu mengaku antusias mengikuti acara itu. Sebab sangat berhubungan dengan matakuliah yang sedang diambilnya yakni hukum otonomi daerah.”Iya rame banget ini yang ikut, saya antusias karena ada mata kuliah otonomi daerah,” ungkapnya.

Winta menilai pemaparan yang dilakukan para Pj.Bupati juga sangat bagus.”Kaya Pj.Bupati Mesuji melakukan pemaparan pakai video presentasi, jadi mudah dimengerti. Kita juga jadi tau ternyata di Mesuji sudah banyak kemajuan,” tuturnya. (rls)

Pos terkait