Pilkakam 2023, Bupati Way Kanan Wanti-wanti Soal Aturan

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya/Dok.Pemkab

WAY KANAN – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, membuka kegiatan sosialisasi pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak bagi 118 kampung se-Kabupaten Way Kanan tahun 2023, di GSG setempat, Kamis (19/1/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Kampung (PMK) Kabupaten Way Kanan tersebut dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, kepala Dinas PMK, forkopimda, Camat, penjabat kepala kampung dan BPK kampung yang akan mengikuti kompetisi Pilkakam.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Anggota Legislatif Way Kanan Beri Bantuan Keagamaan di Kecamatan Kasui

Dalam arahannya, Raden Adipati Surya mengatakan, seluruh proses tahapan pilkakam, dapat dipersiapkan dengan kematangan proses yang baik, mulai dari persiapan pencalonan, pemungutan dan perhitungan suara, hingga penetapan berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Menurut Adipati, untuk memperlancarkan proses pilkakam tersebut, hendaknya dapat terbentuk kepanitiaan pilkakam yang solid, baik ditingkat kabupaten, hingga panitia pemilihan kampung. Sebab, pembentukan panitia adalah bagian penting dalam tahapan persiapan penyelenggaraan pilkakam.

“Dalam pelaksanaan pilkakam serentak tersebut, kiranya tidak ada yang bermain-main dengan aturan. Terutama dalam pembentukan panitia maupun setelah panitia terbentuk dan dalam pelaksanaan tugasnya dan agar pembentukan panitia pilkakam harus taat dan sesuai aturan yang telah ada,” ujar dia.

Baca Juga  DPR Setujui Empat Rancangan PKPU

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, menyampaikan, bagi kepala Kampung yang ingin kembali mencalonkan diri menjadi harus mengikuti aturan yang berlaku.

“Pilkakam di Way Kanan bukan hal yang baru. Ingat ini adalah perhelatan politik, bisa saja ada orang yang menafsirkan regulasi sesuai kepentingan,oleh karena itu baca dan pahami aturan dengan baik,” ujar dia.(MED)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan