Polda Lampung Kenalkan Aplikasi Polisiku Presisi ke Mahasiswa Asing Unila

BANDAR LAMPUNG – Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjadi narasumber dan pemateri dalam kegiatan orientasi mahasiswa asing di Universitas Lampung (Unila).

Ada beberapa hal yang disampaikan di antaranya, UU Kepolisian terkait pengawasan terhadap orang asing dan UU Kepolisian terkait penindakan terhadap orang asing.

Bacaan Lainnya

“Jadi kepolisian juga berhak mengawasi orang asing yang ada di wilayah hukum Indonesia dengan instansi terkait dalam hal ini Dirjen Keimigrasian,” jelas Pandra, Kamis (13/10/2022).

Selain itu, kepolisian juga berwenang melakukan tindakan hukum kepada orang asing yang berada di wilayah hukum Indonesia tanda kutip jika ada pelanggaran yang dilakukan terhadap orang asing tersebut.

Baca Juga  Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Sidang Pantukhir Cata PK TNI AD Gelombang I TA 2023

Dia melanjutkan ada tata cara dan pelaksanaan pengawasan terhadap orang asing yang dilaksanakan dengan berbagai cara, antara lain pengumpulan dan pengolahan data orang asing baik yang masuk maupun keluar di wilayah Indonesia.

“Adanya data tentang keberadaan orang asing di wilayah hukum Indonesia, pemantauan dan pengumpulan informasi tentang kegiatan orang asing, dan melaksanakan penyekalan terhadap orang asing yang keberadaannya tidak kita inginkan di Indonesia,” jelasnya.

Pandra menambahkan orang asing juga harus dibekali dengan dokumen data diri yang menyesuasikan peruntukannya atau alasannya berada di wilayah Indonesia seperti izin untuk bersekolah atau kuliah, bekerja, berlibur dan lainnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKN UTB Berikan Penyuluhan Pola Asuh dan Gizi Seimbang di Lematang

“Selain kita menyampaikan penindakan dan pengawasan terhadap orang asing, kita juga sampaikan tentang aplikasi Polisiku Presisi yang sudah dapat di download melalui Play Store (Android), sehingga dapat memudahkan masyarakat dan orang asing untuk mendapatkan akses pelayanan kepolisian,” ungkap Pandra.

Hadir dalam kegiatan tersebut Umar Hadi Kesuma selaku Kasubsi Alih Status Kantor Imigrasi Kelas 1, Prof Asep Sukohar selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof Yulianto selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan Prof Suharso selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan