Pringsewu Menyapa: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pembangunan

Pringsewu Menyapa: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pembangunan
Pringsewu Menyapa: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pembangunan. Foto Istimewa

Pringsewu – Lapangan Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, menjadi saksi antusiasme warga yang memadati acara Pringsewu Menyapa pada Jumat, 19 Januari 2024. 

Meski diguyur gerimis, semangat masyarakat setempat tidak kendur, terbukti dengan kehadiran mereka yang berbondong-bondong datang ke lapangan yang terletak di daerah pegunungan berhawa dingin ini.

Bacaan Lainnya

Acara yang meriah ini, tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tapi juga menyediakan pelayanan kesehatan gratis dan bazar murah. 

Kerjasama ini terjalin antara Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). 

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penyematan rompi Smart Village oleh Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah kepada 13 kepala pekon se-Kecamatan Pardasuka, serta rompi Kader Pembangunan Manusia (KPM) oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu, Nana Adi Erlansyah.

Baca Juga  Kerap Menipu Pedagang Sembako, Mila Ditangkap Polisi

Pj Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, menyatakan bahwa Pringsewu Menyapa bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat. 

Adi mengucapkan terima kasih kepada kepala pekon yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memajukan Kecamatan Pardasuka. 

“Saya berharap sinergitas ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang, sehingga Kecamatan Pardasuka bisa lebih maju lagi,” harap Pj Bupati.

Adi Erlansyah juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk pembangunan jalan menuju Pekon Selapan melalui dana inpres. 

Hal ini dilakukan karena kondisi jalan yang cukup parah dan membutuhkan dana besar, yang tidak mungkin dibebankan pada APBD saja. 

Baca Juga  Tim Irwasda Polda Lampung Audit Kinerja Polres Lamtim

“Alhamdulillah, pada tahun 2023 lalu jalan tersebut berhasil dibangun dengan panjang sekitar 4,5 km dengan anggaran Rp28 miliar,” ungkapnya.

Jalan baru ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam memperlancar arus transportasi. 

Pekon Selapan, yang memiliki potensi besar di bidang pertanian, perkebunan, dan pariwisata, diharapkan akan lebih berkembang dengan adanya infrastruktur yang memadai. 

Pj Bupati menggambarkan Pekon Selapan sebagai daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah, mirip seperti di daerah Puncak.

Acara Pringsewu Menyapa juga dihadiri oleh jajaran pemerintah daerah, kecamatan, uspika, para kapekon, dan tokoh masyarakat Kecamatan Pardasuka.

Pj Bupati Pringsewu juga berkesempatan untuk berdialog dengan tokoh masyarakat, serta meninjau dan memberikan bantuan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan UMKM di kecamatan tersebut.(*/Her)

Pos terkait