Raih Penghargaan Presisi Award 2023 Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Jelang Mudik Lebaran

Gerbang Tol Gunung Sugih/Istimewa

JAKARTA – Jelang HUT ke-62, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali meraih penghargaan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Penghargaan itu direih dalam ajang ETLE Nasional Presisi Award 2023 untuk kategori pengembangan implementasi ETLE Nasional Presisi, yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Digelar secara offline di Bandung, Jawa Barat pada Rabu (15/3/2023), penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, kepada Vice President Manajemen Risiko Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Linggo Handoyo, yang mewakili perusahaan.

Direktur Operasi III Hutama Karya mengatakan, bahwa penghargaan tersebut berhasil diraih Hutama Karya atas inovasi penerapan ETLE di jalan tol.

“Dengan adanya penghargaan ETLE ini akan membuat Hutama Karya semakin konsisten dalam mendukung Polri untuk menerapkan penegakan hukum di jalan tol yang kami kelola, sehingga menciptakan jalan tol yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan,” ujar Koentjoro.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Firman menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada jajaran kepolisian indonesia dan instansi terkait yang telah menerapkan sistem ETLE.

“Kami berterima kasih kepada pemda dan instansi terkait yang mau menyisihkan anggarannya yang digunakan untuk partisipasi dalam menertibkan lalu lintas yang ada diwilayahnya. Kita tidak boleh berpuas diri dengan apa yang kita peroleh dan harus terus semangat untuk berinovasi dalam menegakan ketertiban lalu lintas.” imbuh Irjen Pol Firman Shantyabudi

Persiapan Mudik Lebaran 2023 di Jalan Tol Hutan Karya

Tak hanya mendapatkan penghargaan, di minggu yang sama, Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) juga sudah mulai melakukan persiapan agar ruas tol yang dikelola dapat siap untuk dilalui pada saat Mudik Lebaran 2023 ini.

“Kami melakukan peningkatan kualitas dan berbagai pemeliharaan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga menyiapkan berbagai peningkatan pelayanan dan strategi agar memitigasi adanya kepadatan di gerbang tol,” terang Koentjoro.

Baca Juga  Sejarah Baru AWPI: Hengki Buka Rakernas I di Jakarta

Lebih lanjut Koentjoro menambahkan bahwa persiapan yang dilakukan dengan menyediakan sebanyak 3.132 petugas siaga, 347 unit armada siaga dan 52 unit mobil reader, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi di setiap SPBU.

Selain itu, melakukan penambahan SPBU modular di rest area KM 20 jalur A & KM 49 Jalur B di Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dan rest area KM 306 & KM 269 Jalur B di Tol Terbanggi Besar-Pematang
Panggang – Kayu Agung (Terpeka).

“Kami juga bersinergi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan menyiapkan kantong parkir tambahan maupun booth tiket kapal ferry di rest area agar tidak terjadi antrian di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan menuju penyebrangan ke pelabuhan serta menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan,” tambahnya.

Koentjoro juga menegaskan bahwa seluruh rest area yang dikelola akan dioperasikan pada saat momen mudik mendatang.

Rest area tersebut diantaranya yakni 12 rest area di di Tol Bakter yang terletak di KM 20 Jalur A&B, KM 33 Jalur A&B, KM 49 Jalur A&B, KM 67 Jalur A&B, KM 87 Jalur A&B, KM 116 Jalur A&B, 9 (sembilan) rest area di Tol Terpeka tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A dengan kapasitas parkir yang dapat menampung hingga 2.370 kendaraan golongan I dan 1.008 kendaraan golongan non-I.

“Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan 4 (empat) rest area temporary di Tol Pekanbaru-Dumai yang berlokasi di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM 82 Jalur A & B dan rest area mini di Tol Pekanbaru – Padang Seksi Pekanbaru Bangkinang di akses masuk Gerbang Tol Bangkinang.” imbuh Koentjoro.

Sementara dari sisi peningkatan kualitas jalan, Hutama Karya juga tengah mengebut pemeliharaan jalan tol sebelum momen mudik lebaran berlangsung dimana saat ini tengah dilakukan peningkatan kualitas jalan tol di Tol Bakter yang berlokasi di KM 08+900 hingga KM 138+600 dengan progress pengerjaan mencapai 65,2%, Tol Terpeka yang berlokasi di KM 141+400 hingga KM 325+000 yang mencapai 94,6%.

Baca Juga  Lampung Fair Hari Terakhir, Tiket Rp20 Ribu, The Virgin: Merapat!

“Pemeliharaan ini dilakukan dengan berbagai metode dari mulai Scraping, Filling & Overlay (SFO) hingga rekonstruksi beton rigid yang jika tidak ada kendala akan segera rampung akhir maret ini.” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan
agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

“Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat,” jelasnya.

Kata dia, apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.

Sekilas Tentang Hutama Karya PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan.

Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 4 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur Indonesia.

Adapun ketiga anak perusahaan Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti, PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) di bidang pengusahaan jalan tol.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan