RSUDAM Terima Sertifikat LPKRA

RSUDAM Terima Sertifikat LPKRA
RSUDAM Terima Sertifikat LPKRA dari Kementerian PPPA. Foto Istimewa

Bandarlampung – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek atau RSUDAM Provinsi Lampung mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Sertifikat itu sebagai rumah sakit yang tersertifikasi dan memenuhi standarisasi Lembaga Perlindungan Khusus Ramah Anak (LPKRA). 

Bacaan Lainnya

Sertifikat ini diterima RSUDAM pada Selasa, 21 November 2023 yang diterima langsung oleh dr Aberta Caroline Sp.F sebagai ketua tim pelayan ramah Anak RSUDAM di Jakarta. 

Baca Juga  Antisipasi Pandemi RSUDAM Bangun dan Lengkapi Ruang Pinere

Proses mendapatkan sertifikasi ini melalui proses yang cukup panjang.

Seperti yang diketahui bahwa dalam upaya mendukung penyelenggaraan perlindungan anak kondisi khusus, Kementerian PPPA menginisiasi program standarisasi (LPKRA). 

Program ini dirancang sebagai implementasi kebijakan khususnya dalam Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2021 tentang Perlindungan Khusus Anak dan Pasal 121 Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Baca Juga  RSUDAM Raih Anugerah Reksa Bandha 2023 dari DJKN Lampung Bengkulu

Selanjutnya Kementerian PPPA melaksanakan kegiatan Supervisi Pelaksanaan Kebijakan Perlindungan Anak Kondisi Khusus.

Sekedar informasi, sampai dengan saat ini, ada 71 Unit dan Lembaga yang tersebar di 47 Kabupaten/Kota dan 20 Provinsi yang telah mengikuti proses standardisasi.

Sertifikasi ini baru pertama dilaksanakan secara Nasional dan RSUDAM menerima sertifikat bersama dengan 5 rumah sakit lain yaitu RSUP Hasan Sadikin Bandung, RSUD Bandung Kiwari, RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung, RSUD Tarakan, RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah.(*)

Pos terkait