Sudin Salurkan 8 Unit Hand Traktor ke Poktan Pringsewu

Sudin Salurkan 8 Unit Hand Traktor ke Poktan Pringsewu
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin. Foto Hermanto

Pringsewu – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyalurkan bantuan 8 unit hand traktor melalui program Kementrian Pertanian ke sejumlah kelompok tani (poktan) di Kabupaten Pringsewu.

Penyerahan bantuan ini bertempat di balai Pekon Jokyakarta, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin (25/7/2023) kemarin.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi IV DPR RI yang juga menjabat juga ketua DPD PDIP Provinsi Lampung, Sudin, mengaku bantuan alat pertanian yaitu handtraktor merupakan program Kementrian Pertanian.

Baca Juga  Saterkrim Polres Mesuji Periksa 2 Saksi Soal Penggelapan Sawit Plasma Agung Batin

“Sebelum diserahkan maka kita memberi pembekalan berupa bimbingan teknis kepada kelompok tani yang ada di Pringsewu,” ujar dia.

Ia menjelaskan, program bantuan alat pertanian juga bibit-bitan akan disalurkan setiap dua bulan sekali.

“Komisi IV selalu memberikan bantuan, terutama alat-alat pertanian. Karena Pringsewu merupakan sentral pertanian. Untuk Pringsewu setiap dua bulan sekali kami salurkan bantuan alat pertanian juga bibit -bibitan. Ini aspirasi masarakat, Komisi IV hanya menyalurkan bantuan yang diperlukan petani,” jelasnya.

Baca Juga  KKN Mahasiswa Unila di Desa Kepayang Fokus ke Tapal Batas

Soal kelangkaan pupuk yang dialami masarakat, Sudin mengatakan, bahwa kebutuhan pupuk subsidi seluruh Indonesia 24 juta ton.

“Sementra pemerintah hanya menganggarkan 9 juta ton, itulah yang di bagi rata di setiap daerah,” kata dia.

Pupuk subsidi yang tersedia hanya ada 32 persen, sehingga pihaknya mendorong pemerintah pengadaan pupuk yang non subsidi agar tidak ada kelangkaan pupuk. Bagaimana caranya perbanyak lagi kios pupuk di setiap desa.(Her)

Pos terkait