Sulpakar Paparkan Program di Kementerian ESDM

Sulpakar Paparkan Program di Kementerian ESDM
Sulpakar Paparkan Program di Kementerian ESDM. Foto Istimewa

Mesuji – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji terus melakukan terobosan dalam melaksanakan pembangunan, terutama membuka jaringan ke pemerintah pusat dan kementerian untuk membawa program-program ini bisa terealisasikan di Mesuji.

Melalui program terobosan Dinas Lingkungan Hidup Mesuji, Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar memaparkan rencana program ke hadapan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta, Kamis (30/11).

Bacaan Lainnya

Direktur Pembinaan Program Ketenaga Listrikan Dirjen Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM, Wanhar, menyambut kunjungan Pj. Bupati Mesuji dan rombongan.

Baca Juga  Warga Way Kanan Tewas Keracunan Gas saat Kuras Sumur

“Kami mengapresiasi Pemkab Mesuji. Ini menandakan Mesuji serius dalam meningkatkan pembangunan dan memikirkan masyarakatnya, terutama rasio elektrifikasi rumah tangga, khususnya rumah tangga tak mampu,” ungkapnya.

Menurut Wanhar, niat baik dan serius Mesuji, Kementerian ESDM akan prioritaskan BPBL Provinsi Lampung untuk Kabupaten Mesuji.

Soal usulan jaringan listrik Dusun Talang Gunung, pihaknya segera akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk dapat pinjam pakai kawasan hutan yang nantinya akan dilalui tiang listriknya.

“Saya minta pak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mesuji untuk terus berkoordinasi dengan KLHK juga,” imbuhnya.

Baca Juga  Sulpakar Direkom DPRD Mesuji, Calon Tunggal Pj Bupati

Sulpakar berterima kasih kepada Kementerian ESDM lantaran telah memberikan bantuan BPBL tahun ini. Menurutnya, bantuan ini sangat berarti, terutama masyarakat kurang mampu di Mesuji.

Pihaknya juga mengusulkan kembali bantuan Program BPBL tahun 2024 sebanyak 1.356 rumah tangga dan jaringan listrik ke Dusun Talang Gunung Kecamatan Mesuji Timur. Karena APBD Mesuji sangat kecil dan sejak Dusun Talang Gunung berdiri hingga saat ini belum pernah dan ada aliran listrik PLN.

“Kami harap Kementerian ESDM bisa merealisasikan, mewujudkan mimpi puluhan tahun masyarakat mendambakan teraliri listrik PLN. Hal ini dapat meningkatan aktivitas dan proses pembangunan di dusun tersebut,” ucapnya.(*/Dik)

Pos terkait