Tes CAT PPK Terkendala Jaringan Lemot

Bawaslu Provinsi Lampung menemukan sejumlah kendala yang dialami oleh peserta saat pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) calon anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pemilu 2024/ALB-Dok.Haluan

BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung menemukan sejumlah kendala yang dialami oleh peserta saat pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) calon anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pemilu 2024.

Kegiatan CAT dilaksanakan oleh masing-masing KPU Kabupaten/Kota se-Lampung. Dalam hal ini jajaran Pengawas Pemilu melakukan pengawasan secara langsung terhadap proses CAT tersebut, Selasa (6/12/2022).

Bacaan Lainnya

Dari hasil pengawasan tersebut ditemukan sejumlah kendala pada beberapa Kabupaten/Kota, Menyikapi hal itu Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya mengatakan, pihaknya telah menyampaikan sejumlah kendala tersebut dan meminta jajaran KPU untuk mengantisipasi masalah yang muncul dengan memperbaiki kapasitas pasilitas tes.

“Kami telah menyampaikan pesen secara langsung pada saat pelaksanaan Tes CAT kepada jajaran KPU untuk mengantisipasi proses tes dengan memperhatikan ketersediaan dan kapasitas server dan kesedian Komputer yang digunakan oleh peserta agar kendala yang mungkin saja bisa terjadi bisa diminimalisir,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pengawasan, Bawaslu Lampung mengidentifikasi beberapa hal yang menjadi catatan dan kendala pada pelaksanan CAT Calon PPK se Provinsi Lampung, diantaranya:

Baca Juga  Perang Sarung: Bukan Tradisi Islam

1. Terdapat peserta yang tidak hadir pada pekasanaan Tes CAT, hal ini (peserta) tidak ada pemberitahuan resmi atau informasi yang disampaikan kepada KPU untuk yang tidak hadir. Hal ini terjadi di beberapa kabupaten /kota

2. Terdapat peserta dari beberapa kabupaten yang tidak bisa login pada server pelaksanaan Tes, hal ini dikonfrimasi panitia karena kendala teknis signal lemah.

3. Terdapat masalah koneksi server dan jaringan pada komputer dengan keterangan 419 page expired di semua ruang tes CAT, hal ini terjadi di Kota Bandar Lampung,

4. Komputer dapat diakses namun dalam kondisi jaringan yang lambat dan ruangan yang dapat digunakan hanya sebanyak 9 ruang. Sedangkan, 1 ruangan (ruang 8) tidak dapat melanjutkan tes CAT karena masalah koneksi dan server jaringan sehingga dilakukan perubahan waktu tes CAT dan peserta diinstruksikan untuk megikuti tes CAT bersama dengan pelaksanaan tes CAT sesi 3 (tiga) pada pukul 14.00 WIB, Hal ini terjadi di Kota Bandar Lampung.

5. Sesi kedua dilaksanakan dimulai pukul 10.00 wib namun baru berjalan 10 menit server down, seluruh peserta sesi 2 tidak dapat akses dan akhirnya test diundur menjadi pukul 13.00 wib, dikarenakan server masih lambat pada sesi kedua dimulai pukul 13.26 WIB. Hal ini terjadi di Bandar Lampung.

6. Dalam pelaksanaan Tes Cat terjadi kendala diawal (down) di awal pelaksanaan Tes diperkirakan selama 5 Menit, hal tersebut dikarenakan penggunaan Computer secara bersamaan. Hal ini terjadi di Lampung Timur.

7. Server gangguan/ lemot, mempengaruhi waktu pelaksanaan CAT di sesi berikutnya. Hal ini terjadi di Kabupaten Way Kanan.

8. Ada beberapa server yang bisa masuk, namun saat peserta akan mengerjakan soal tidak ada kolom “SIMPAN dan LANJUT” sehingga peserta tidak bisa mengerjakan soal ( solusi KPU: menunggu peserta lain selesai, dan pindah komputer, dengan tidak memberi tambahan waktu). Hal ini terjadi di Pesisir Barat.

9. Terdapat jaringan server lambat, beberapa komputer mati sendiri. Hal ini terjadi di Lampung Utara.

10. Pada saat peserta mengerjakan soal dan lanjut ke soal berikut nya peserta terkendala loading yang terlalu lama untuk lanjut ke soal berikut nya sehingga memakan waktu. Dan pada saat mengerjakan soal server langsung down dan kembali ke menu login sehingga mengulang lagi untuk mengerjakan soal dari awal Kembali. Hal ini terjadi di Tulang Bawang Barat.(ALB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan