Transformasi Kesehatan di Provinsi Lampung: Lokakarya dan Sinergi Bersama

Gubernur Lampung Resmikan Fasilitas Baru di RSUD Abdul Moeloek
Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung. Foto Dok RSUDAM Lampung

Bandarlampung – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung akan menggelar serangkaian acara pada Rabu, 29 November 2023, di Hotel Radisson Lampung.

Rangkaian acara itu masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Provinsi Lampung dengan tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

Humas RSUDAM Sabta Putra menyampaikan bahwa lokakarya bertajuk “Sinergi Implementasi Transformasi Kesehatan di Provinsi Lampung” melibatkan pemangku kepentingan dari Gubernur, Bupati/Walikota, kepala dinas kesehatan, dan direktur RS di Lampung.

Kegiatan yang Dilaksanakan:

Penandatangan Kesepakatan Bersama:

Acara ini mencakup penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dengan 9 Rumah Sakit Pengampu Nasional dan Regional.

“Kesepakatan tersebut, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan, menetapkan RSUDAM Lampung sebagai pengampu untuk 9 layanan prioritas, termasuk pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, dan Kesehatan Jiwa,” jelas Sabta Putra.

Dukungan Bupati/Walikota:

Pada lokakarya, dilakukan penandatanganan surat pernyataan komitmen dari Bupati/Walikota terkait dukungan atas program Rumah Sakit Jejaring Pengampuan.

“Program ini melibatkan pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, dan lainnya di Rumah Sakit Daerah Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Peluncuran Aplikasi “Sepakat Sehat”:

Suatu langkah inovatif, acara ini juga menjadi panggung peluncuran aplikasi “Sepakat Sehat.”

Aplikasi ini bertujuan untuk survei pemetaan jenis pelatihan dan kalender pelatihan bidang kesehatan di RSUDAM.

“Diharapkan aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan pelatihan SDM Kesehatan di Provinsi Lampung dan Indonesia pada umumnya,” kata dia.

Lokakarya Tematik:

Kegiatan berlanjut dengan lokakarya yang membahas sinergi implementasi transformasi kesehatan di Provinsi Lampung.

Narasumber utama acara ini adalah Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, yang didampingi oleh Kepala Bappeda Lampung Mulyadi Irsan, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Edwin Rusli, dan Direktur RSUD Abdul Moeloek Lampung Lukman Pura.

Tujuan Kegiatan:

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai implementasi transformasi kesehatan.

Selain itu, diharapkan mampu menjawab kebutuhan pelatihan SDM Kesehatan dan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Semua ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemajuan pembangunan di bidang kesehatan,” tandasnya.

Suksesnya acara ini diharapkan menjadi landasan kokoh bagi transformasi kesehatan demi masyarakat yang lebih sehat dan maju.(*)

Pos terkait