Unila Luncurkan Aplikasi Agri-IKU

Peluncuran aplikasi Agri-IKU sekaligus meresmikan Agri-IKU Corner, di Laboratorium Usaha dan Sumber Daya Keluarga Unila/Dok.Unila

BANDAR LAMPUNG – Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) meluncurkan Aplikasi Agri-IKU sekaligus meresmikan Agri-IKU Corner, di Laboratorium Usaha dan Sumber Daya Keluarga (Lab. MUSK), Selasa (13/12/2022).

Agri-IKU (Inovasi Kewirausahaan Unggulan) Agribisnis, merupakan bagian dari Laboratorium Usaha dan Sumber Daya Keluarga. Pengembangan Agri-IKU didanai hibah kompetisi kampus merdeka tahun 2022 yang berhasil didapatkan program studi Agribisnis.

Bacaan Lainnya

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Fakultas Pertanian Prof. Purnomo, dalam sambutannya menyampaikan, melalui peluncuran aplikasi ini para dosen dan mahasiswa diharapkan bisa terus berinovasi dengan mengembangkan potensi yang ada.

Baca Juga  71 Mahasiswa FUAD IAIN Metro Ikuti Yudisium Periode II

Para mahasiswa juga harus senantiasa memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga dapat ikut serta membantu membangun jurusan ke arah yang lebih baik.

Sementara, Dr. Teguh Endaryanto, selaku Ketua Jurusan Agribisnis FP Unila menambahkan, aplikasi Agri-IKU ingin menggabungkan konteks agribisnis dengan inovasi kewirausahaan unggulan untuk menunjang indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

“Mudah-mudahan Agri-IKU menjadi lokomotif bagi gerbong perjalanan jurusan Agribisnis,” katanya.

Masih di kegiatan yang sama, Dr. Novi Rosanti, selaku Ketua Prodi Agribisnis FP Unila menyampaikan, Agri-IKU terdiri dari dua bagian yaitu Agri-IKU Corner dan Platform Agri-IKU. Platform aplikasi Agri-IKU merupakan sebuah marketplace untuk melakukan pemasaran produk-produk pertanian di bidang agribisnis.

Baca Juga  Unila Luluskan 1.103 Wisudawan Pada Periode IV T.A 2022/2023

“Yang dipasarkan adalah produk-produk hasil karya mahasiswa, baik itu hasil MBKM maupun pengabdian di desa,” ujarnya.

Ketua LP3M Prof. Wan Abbas Zakaria, mengucapkan terima kasih dan selamat atas grand launching Agri-IKU. Dirinya berharap, aplikasi ini menjadi sarana meningkatkan kompetensi dan softskill mahasiswa, khususnya pada mata kuliah kewirausahaan.

Kegiatan launching juga dihadiri jajaran dekan FP Unila, perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, para ketua jurusan, para ketua prodi, dosen, dan mahasiswa.(*/NCA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan