Warga Malaysia Korban Perlakuan Buruk Suami di Pesawaran Pulang ke Negaranya

Warga Malaysia Korban Perlakuan Buruk Suami di Pesawaran Pulang ke Negaranya
Warga Malaysia Korban Perlakuan Buruk Suami di Pesawaran Pulang ke Negaranya. Foto Istimewa

Bandarlampung – Perempuan asal Malaysia yang diselamatkan dari suaminya di Kabupaten Pesawaran kembali ke negara asalnya.

Perempuan berinsial N itu mendapatkan perlakuan tidak layak dari sang suami selama tinggal di Lampung.

Bacaan Lainnya

Wakil Direktur Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan korban N telah kembali ke Malaysia pada Minggu (23/7/2023).

Menurut Hamid, N tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soeta) kemarin dan langsung disambut Atase Polisi Kedutaan Besar Malaysia dan Divisi Hubungan Internasional Polri.

“Pengurusan administrasi di imigrasi Soeta dan didampingi hingga boarding ke pesawat menuju Malaysia,” kata Hamid saat dihubungi, Minggu pagi.

Hamid mengatakan pemulangan ini dilakukan segera setelah Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditkrimum Polda Lampung mendapat keterangan dari korban N.

Baca Juga  Pendekatan Keamanan Mengabaikan Rembug Desa

Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah ada tindak kekerasan baik itu secara fisik maupun psikologis yang dialami korban selama di Indonesia.

“Sementara kita telaah dan dalami hasil pemeriksaan terhadap korban, yang terpenting upaya penyelamatan,” kata Hamid.

Suami marah ditanya soal uang
Sementara itu, korban N mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menolongnya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepolisian di Indonesia, semua orang yang menolong dan membantu saya,” kata N dalam video yang diterima media.

Korban N mengungkapkan selama tinggal di Kabupaten Pesawaran, suaminya itu telah memperlakukan dirinya secara tidak layak.

Perlakuan itu diterimanya pasca menanyakan ikhwal uang miliknya yang digunakan oleh sang suami untuk kebutuhan harian. N membenarkan suaminya itu tidak memiliki pekerjaan.

“Awalnya mau nanyain pasal uangnya kemana gitu, dia langsung dimarah nggak bisa ditanyain pasal. (Padahal) itu uang saya, uang keluarga ya masa nggak boleh dibilang kemana,” kata N.

Baca Juga  Gubernur Lampung Gantung 7 Jabatan Pimpinan Pratama Hasil Lelang Terbuka

N mengaku ingin menenangkan diri dahulu di Malaysia bersama keluarga besarnya sebelum mengambil keputusan terkait rumah tangganya itu.

“Iya mau pulang dahulu,” kata N.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Malaysia diselamatkan di Lampung lantaran tidak tahan dengan perlakuan tidak baik suaminya sendiri.

Sang suami selalu menyuruh korban meminta uang ke keluarga di Malaysia untuk kebutuhan sehari-hari.

Wakil Direktur Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan warga Malaysia berinsial N diselamatkan pada Jumat (21/7/2023) kemarin.

Ibu beranak satu itu diselamatkan dari rumah keluarga sang suami di Dusun Mada Hilir, Desa Mada Jaya, Kecamatan Way Kilau, Kabupaten Pesawaran.

Penyelamatan itu dilakukan atas permintaan keluarga korban melalui Special Branch Kepolisian Malaysia kepada Bareskrim Polri.(*)

Pos terkait