Upacara Hari Pahlawan ke-78 di Tubaba: Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa

Upacara Hari Pahlawan ke-78 di Tubaba: Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa
Dandim 0412/Lampung Utara, Letkol Inf Hery Eko Prabowo. Foto Istimewa

Panaragan – Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar upacara Hari Pahlawan ke-78 dengan tema semangat pahlawan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan. 

Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tubaba, dihadiri oleh Inspektur Upacara Dandim 0412/Lampung Utara, Letkol Inf Hery Eko Prabowo.

Bacaan Lainnya

Dandim 0412/LU, sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

Dalam amanatnya, Dandim menyoroti tema Hari Pahlawan tahun ini yang mencerminkan semangat untuk menghadapi ancaman penjajahan modern.

Ia menekankan bahwa generasi penerus perlu mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia demi kejayaan Bangsa dan Negara.

Baca Juga  Kasus Suap Unila: M Basri kepada KPK, "Jangan Kami Berempat Saja"

Dandim mengingatkan bahwa tantangan tersebut akan dihadapi dengan semangat yang sama seperti para pejuang 10 November 1945. 

Meskipun sulit, namun dengan semangat perjuangan yang ditanamkan oleh Pahlawan Bangsa, setiap ancaman dan tantangan dapat ditaklukkan.

“Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri,” tegas Dandim.

Dandim juga merinci bahwa Pahlawan Bangsa telah mengajarkan bahwa Indonesia bukanlah bangsa pecundang. 

Dengan semangat, para Pahlawan pada Pertempuran 10 November 1945 menghadapi musuh yang merupakan pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Hibahkan Kendaraan ke Kejari

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945,” tambah Dandim.

Dandim mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba untuk bersama-sama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan. 

Melalui nilai-nilai kepahlawanan, diharapkan Indonesia dapat tumbuh menjadi negara yang makin maju dan sejahtera.

Seusai upacara, Dandim 0412/LU dan Anggota Forkopimda menyerahkan tali asih kepada para veteran sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian mereka. 

Harapannya, pesan dan amanah dari Menteri Sosial dapat diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Tubaba, memacu semangat dalam membangun daerah tercinta ini menuju masa depan yang lebih baik.(*)

Pos terkait