Bersaing atau Pemborosan? Pemprov-Pemkot Berebut Bangun Perpustakaan Modern

Bersaing atau Pemborosan? Pemprov-Pemkot Berebut Bangun Perpustakaan Modern
Ilustrasi Perpustakaan Modern. Foto Istimewa

Bandarlampung – Sudah sejak zaman Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP memimpin, rencana pembangun perpuskaan modern dicanangkan. Bahkan, APBD Lampung -ketika itu- telah pula digelontorkan 100 juta rupiah untuk proses penelitian awal.

Memasuki pergantian kepemimpinan, Gubernur Lampung kala dijabat M. Ridho Ficardo, pun sudah meresmikan pembangunan perpustakaan daerah modern dan terbesar di Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Sedianya, gedung perpustaan ini akan menjadi ikon baru bagi Provinsi Lampung. Karenanya, Pemprov telah memproyeksikan anggaran Rp100 miliar ‘multy years’, dimana si dalamnya akan diadakan pula berbagai fasilitas pendukung, seperti ballroom, sarana berbasis digital, kafe, dan bioskop.

Baca Juga  Waduh! Cafe and Bar Mixology Lampung Minim Keamanan

Perpusatakan ini dapat dikunjungi hingga malam hari. Pemprov Lampung berencana membangunnya di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Kedaton, Bandarlampung seluas 2,5 hektare. Gedung perpustakaan ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan dan aktifitas mahasiswa dan pelajar.

Terkait dengan pembangunan perpustakaan modern, Ridho pernah menyatakan, bahwa pembangunannya dalam rangka membangun SDM Lampung. “Perpustakaan Modern ini mengacu pada E-Library yang terkoneksi dengan perpustakaan nasional RI. Kita akan buat yang terbaik ditengah-tengah kawasan pendidikan guna meningkatkan SDM masyarakat Lampung,” kata dia, sebagaimana dikutip dari laman Perpusda Lampung.

Memasuki tahun anggaran 2024 mendatang, Pemkot Bandarlampung pun tak mau kalah. Lewat APBD Kota Bandaelampung 2024, pemkot mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk membangun perpuskaan modern setinggi lima lantai.

Baca Juga  Pemprov Lampung Gelar Pengajian Akbar di Tubaba

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan mengatakan, bahwa pembangunan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat akan menganggarkan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp10 miliar untuk membangun perpustakaan modern di Kota Tapis Berseri.

Tahun depan akan dilaksanakan (pembangunannya),” kata Iwan Senin (06/11/2023).

Menurutnya, Dinas PU akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menentukan desain yang cocok untuk perpustakaan modern tersebut. “Rencananya akan dibangun di Kemiling, selesai dalam satu tahap pembangunan,” jelasnya.

Jika ditilik dari dari rencana pembangunan dua perpustakaan modern yang sedianya akan dibangun oleh Pemkot Bandarlampung dan Pemprov Lampung ini, maka lokasi di antaranya tidaklah terlalu berjauahan. Yakni, antara Kecamatan Kemiling dan Kecamatan Kedaton.(Tim)

Pos terkait