Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Pulang Kampung, Disambut Lewat Prosesi Adat

Pemberian penghargaan lencana kerajaan emas tulus penghakhi dari Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung/Istimewa

LIWA – Masyarakat adat Kepaksian Pernong Sekala Brak, unsur pemerintah daerah dan forkompimda Lampung Barat (Lambar), menyambut kedatangan Komjen Pol Drs Tomsi Thohir Balaw, pada Sabtu dan Minggu (1-2/10/2022).

Dalam acara mulang pekon (pulang kampung) dan ngattakko tikham ni hati Inspektur Jenderal (Itjen) Kemendagri itu, juga ada pemberian penghargaan lencana kerajaan emas tulus penghakhi dari Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung untuk Dr Ari Yusuf Amir, sekaligus pemberian gelar adat.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Ipda Furqon dan Idpa Farhan Terima Penghargaan dari Sultan Sekala Brak

Juga penyerahan pin dan tanda penghargaan dari Sultan Sekala Brak XXIII SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, di antaranya kepada Ipda Furqon Saibatin Singajuru, Ipda Farhan Syah Singajuru, dan Ipda Algy Ferlyando Seiranausa.

Dalam rangka mulang pekon ini, Atin begitu Tomsi Tohir akab disapa beserta keluarga besar juga melakukan ziarah kubur di Luah Batin Tambak Bata dan dilanjutkan dengan syukuran, bertempat di ruang Margasana Istana Gedung Dalom Kepaksian Pernong Sekala Brak.

Baca Juga  Rabat Beton Mengubah Wajah Jalan Utama Lampung Barat

Helat adat syukuran ini digelar masyarakat adat Kepaksian Pernong atas kenaikan pangkat Atin Tomsi menjadi Komisaris Jenderal Polisi dan ditempatkannya sebagai Inspektur Jenderal di Kemendagri.

Usai acara penyambutan serta ziarah Kubur, dan pada malam harinya dilanjjutkan dengan makan bersama serta menyaksikan seni tradisi khas Sekala Bekhak yang turut dihadiri oleh tokoh Lambar yang juga anggota DPR RI Dapil Lampung I Mukhlis Basri dan Bupati Lambar Parosil Mabsus, beserta masyarakat adat Kepaksian Pernong Sekala Brak.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan